TRIK AGAR GAJI TAK SELALU HABIS SETELAH GAJIAN MAKA PRAKTEKAN TIPSNYA!

Bingung gaji bulanan seringkali habis tak bersisa setelah gajian, atau masih dalam pertengahan bulan kita sudah teriak gaji habis. 

Mungkin ada yang salah dalam mengatur keuangan anda, sehingga tidak terkontrol berakibat dengan keadaan yang memprihatinkan.

Diperlukan cara yang tepat dalam mengatur keuangan pribadi atau gaji  yang dimiliki.

Anda mungkin berdalih kalau semuanya serba mahal dan gaji tidak cukup untuk membiayai pengeluaran bulanan.

Sejatinya itu adalah pemahaman yang salah!


Eits tapi tunggu dulu, jangan-jangan semua itu karena Anda kurang baik dalam mengelola keuangan Anda dan bisa jadi juga dipengaruhi gaya hidup yang boros. 

Padahal, kalau di ingat sebelumnya gaji Anda lebih kecil dari sekarang toh cukup-cukup saja. 

Lucu kan jika kemudian hari Gaji semakin bertambah namun kondisi tabungan tidak ikut bertambah bahkan cenderung berkurang?

Ini baru perihal mengatur keuangan gaji pribadi yang salah.

Bagaimana jika harus mengelola keuangan jika kemudian hari anda menjadi seorang pengusaha?

Berapa gaji yang harus kita miliki?


Seberapapun besaran gaji jika salah dalam mengaturnya keadaan seperti diatas tetap akan ditemui dengan gaji yang tanpa sisa.


Agar kebiasaan ini tidak terus menerus dan merugikan Anda, berikut ada beberapa tips untuk mengelola gaji Anda:


1. Nabung dulu di awal bulan, jangan menunggu sisanya

menabung-agar-gaji-tak-habis-awal-bulan


Kebanyakan orang menabung ketika sisa gaji hampir habis, ini pemikiran yang salah. 

Maka Mulailah dari sekarang menyisihkan gaji sesuai kemampuan untuk ditabungkan. 

Adapun jumlah gaji yang akan tabung jumlahnya harus bisa di sesuaikan dengan keperluanmu yang lain. 

Jauh lebih baik apabila bisa dapat menyisihkan dalam jumlah cukup banyak hal ini agar biaya pengeluaran pribad bisa di tekan.


2. Buat dua rekening bank berbeda.

dua tabungan agar gaji tak habis


Anda bisa buka rekening baru tanpa menggunakan ATM atau mengikuti program tabungan recana yang ada di hampir setiap bank. 

Gunakan ATM khusus untuk tabungan dan ATM lainnya digunakan untuk memenuhi keperluan sehari-hari tentunya dengan biaya administrasi yang rendah disini kita harus jeli dalam memilih bank.

Catatan disini khusus untuk uang yang terimpan di bank khusus tabungan tak perlu di otak-atik sedemikian rupa, harus komitment dengan tujuan menyisihkan uang demi tabungan.

3. Budgeting adalah keharusan

budgeting keuangan agar gaji tak habis


Tiap awal bulan kamu harus membuat budgeting yang rapi agar pengeluaranmu bisa terkontrol. 

Rinci pengeluaran apa saja yang di butuhkan dalam satu bulan, ingat pengeluaran dalam satu bulan biasanya tetap kecuali keperluan secara mendadak.

Pisahkan kewajiban seperti misalnya hutang dan cicilan. Untuk asuransi dan tabungan juga harus ada porsinya tersendiri.

Ingat, bahwa asuransi cukup penting yang harus kita miliki ketika sudah mulai hidup mandiri dan merupakan pilihan tepat dalam investasi cukup membantu ketika ada musibah yang menimpa.

4. Disiplin dalam perencanaan keuangan

berdisiplin dalam perencanaan keuangan


Jika sudah merencanakan keuangan maka harus berdisiplin dalam menekan pengeluaran keuangan demi mengamankan keuangan anda. 

Jika jatah untuk bersenang-senang sudah habis jangan memaksakan diri mengambil porsi dari pos pengeluaran lain.

Hal itu berdampak kepada ingin mengambil uang yang sudah di tabungkan, maka komitment dan berdisiplin dengan perencanaan yang sudah dibuat menjadi point penting.

5. Belanja sesuai kemampuan

Berbelanja sesuai kemampuan

Berbelanjalah sesuai uang yang Anda punya bulan ini sesuai dengan kemampuan finansial yang dimiliki tak perlu memaksakan jika barang yang hendak dibeli membuat kondisi keuangan membengkak. 

Serta bukan berdasarkan seberapa uang atau bonus yang akan didapat di kemudian hari walaupun itu menjadi bonus yang menjadi hak anda. 

Ingat, jangan mengeluarkan uang untuk keperluan tidak penting dan berharap akan mendapatkan uang ekstra dikemudian hari.

6. Batasi penggunaan kartu kredit

batasi penggunaan credit card

Jangan memiliki lebih dari dua kartu kredit di dalam dompet jika Anda tidak bisa mengontrol dalam penggunaannya. 

Gunakan kartu kredit secara bijaksana agar Anda tidak terbebani saat membayar tagihan-tagihan yang memberatkan. Tuntaskan terlebih dahulu setelah semua pembayaran kartu kredit dan utang lainnya, dengan segera setelah gaji masuk.

Bagi yang belum memiliki kartu kredit jauh lebih baik untuk tidak memilikinya jika anda komitment didalam menabungkan uang anda sesuai dengan point 1

6. Jangan remehkan uang receh

jangan remehkan uang receh

Uang recehan jangan diabaikan keberadaannya acapkali anda tentunya sering menerima kembalian dari swalayan atau sehabis makan di restoran. 

Maka cobalah untuk menyimpannya di dompet khusus koin tersebut, uang receh ini bisa dipergunakan untuk membayar parkir, membeli cemilan atau bisa juga digunakan untuk membeli kebutuhan kecil tak terduga. Luar biasa bukan uang recehan?

Ingat uang recehan yang terkumpul dengan jumlah yang banyak jika rutin mengumpulkannya maka jumlahnya bisa diluar dugaan.

7. Buat dana cadangan

Buatlah dana cadangan

Dana cadangan ini sangat penting untuk mengantisipasi kebutuhan tak terduga misalnya seperti kondangan, membeli hadiah atau sekedar mengganti ban mobil yang sudah rusak.

Menyisihkan dana cadangan acap kali sering di lupakan, padahal kebutuhan yang tidak terduga sering kita temui. Dengan adanya dana cadangan maka kejadian-kejadian yang tidak di inginkan bisa di atasi.

8. Investasi

berinvestasi untuk sehatnya keuangan

Investasikan gaji Anda dengan mengikuti asuransi, bermain reksadana atau mendepositokan uang yang bisa ditarik sesuai persetujuan. Dengan cara ini sama halnya dengan seperti menabung disiplin.

Nah sekarang udah tau kan cara mengelola gaji, coba dipraktekkan ya dan semoga berhasil!

Demikianlah tips singkat agar gaji tak selalu habis tanpa perincian yang jelas dalam penggunaannya, semoga setelah membaca artikel diatas menjadi motivasi anda dalam mengatur keuangan dengan pos-pos yang tepat dalam penggunaannya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel