6 TIPS EFEKTIF DALAM MENGELOLA GAJI DENGAN BAIK

6 tisp mengelola gaji dengan baik dan bijak
Memerlukan waktu 1 bulan untuk bekerja namun menghabiskan hanya dalam kurun waktu 1 malam. Pernahkah mengalaminya? Mengelola uang gaji menjadi tantangan tersendiri bagi seorang karyawan khususnya, memerlukan langkah-langah yang tepat dan efektif dalam mengelola gaji dengan baik. Dengan berperilaku boros adalah salah satu lawan yang berat serta memicu musnahnya uang gaji tanpa sadar. Namun langkah yang terbaik apabila kita menghargai hasil dari jerih payah kita dalam waktu sebulan dengan bijak.

6 Tips Efektif Dalam Mengelola Gaji Secara Tepat dan Bijak dari lamaan economictimes.com ini patut untuk ditiru yakni bagaimana dalam mengelola gaji dengan efektif.

1. Memiliki anggaran
Memiliki anggaran merupakan suatu keharusan. Cobalah membuat anggaran yang rapi supaya pengeluaran dapat terkontrol. Bayarlah terlebih dahulu hal-hal yang menjadi kewajiban, misalnya membayar hutang atau tagihan-tagihan kartu kredit. Selanjutnya, sisihkanlah sebagian uang gaji untuk ditabung dan sisanya tak melupakan pula untuk keperluan dalam sehari-hari sampai pada saat tiba gaji berikutnya. Melalui perencanaan keuangan yang tepat, tidak menutup kemungkinan bisa dalam berinvestasi demi masa depan.

2. Simpanlah bukti slip gaji
Mengumpulkan slip gaji dari gaji pertama sampai pada bukti gaji saat ini. Hal itu sangat berguna dalam membaca dan menganalisa setiap kesalahan pada tiap pengeluaran yang tidak tepat dari pendapatan. Pastikan pula setiap pemotongan disesuaikan dengan bonus, kenaikan atau insentif serta pengeluarannya. Apabila mengalami kesusahan dalam mengelola gaji, tak ada salahnya untuk menghubungi ahli akuntasi.

3. Utamakan untuk membayar tagihan
Mengutamakan membayar semua tagihan terlebih dahulu pada saat penggajian, seperti tagihan listrik dan telepon. Hal itu jauh lebih penting dibandingkan dengan mengutamakan kebutuhan gaya hidup. Kemudian selanjutnya, membayar tagihan kartu kredit dan sisanya dapat ditabung setelah memisahkan untuk keperluhan hidup sehari-hari.

4. Jangan lupakan kebutuhan pribadi

Selain memikirkan pekerjaan, pikirkan pula kebutuhan hidup sehari-hari sehingga dapat menyisihkan pengeluaran pribadi dengan tepat dan dapat membedakan mana itu kebutuhan ataupun keinginan serta memilahnya dengan tepat, karena tidak semua keinginan sesuai dengan kebutuhan. Hal itu bisa ditempuh dengan cara menyisihkan anggaran untuk berbelanja, maupun anggaran untuk berlibur.

5. Siapkan dana untuk investasi dan asuransi
Tidak ada salahnya untuk memulai memiliki investasi serta mengikuti asuransi atau mendepositokan uang yang dapat ditarik sesuai dengan persetujuan. Dengan cara tersebut, bisa diambil hikmah untuk hidup dengan berdisiplin menabung.

6. Membuat tabungan darurat
Tidak menuntup kemungkinan, adanya kebutuhan mendadak itu pasti ada. Maka mulailah untuk mempergunakan celengan mengisinya dengan rutin, bisa dalam bentuk mainan yang selalu ada di kamar agar selalu ingat menabung. Sehingga kemudian, dalam kurun waktu 3 bulan dapat diketahui berapa jumlah uang yang ada sudah tabungkan. Hal itu merupakan salah satu alternatif yang sederhana dari selain melakukan investasi ataupun asuransi.

Dari tips-tips mengelola gaji dengan baik diatas mungkin masih banyak tips-tips lainnya yang belum diuraikan, dengan sedikit ulasan tips tersebut dapat menjadi acuan dalam mengelola gaji bulanan anda dengan baik dan benar agar tidak cepat habis tanpa kejelasan penggunaanya. Serta dapat memilah dengan tepat antara kebutuhan dan keinginan, kebutuhan penting tapi mendesak, kebutuhan penting tapi tidak mendesak, kebutuhan tidak penting dan tidak mendesak. Semoga dengan tips-tips tersebut dapat memberikan gambaran dalam menentukan pilihan mengamankan gaji dengan baik.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel