9 LANGKAH MEMBUAT ANGGARAN RUMAH TANGGA KUNCI SUKSES MENGATUR KEUANGAN KELUARGA

mengatur-anggaran-dalam-rumah-tangga
Sebelum membahas kunci sukses dalam mengatur keuangan dalam keluarga yang memerlukan langkah-langkah tepat dalam anggarannya.

Dalam hal ini mengatur arus keluar uang hasil kerja keras Anda tidak selalu sulit, juga tidak harus mengorbankan gaya.

Sebesar apapun gaji anda misalnya jika salah dalam mengalokasikannya maka akhir bulan dampaknya akan cukup terasa.

Sehingga diperlukan cara-cara untuk mengatasi agar gaji tidak habis sebelum saatnya.

Oleh sebab itu anggaran keuangan dalam rumah tangga harus diatur sedemikian rupa demi sehatnya keuangan dalam keluarga.

Jika Anda menggunakan anggaran dengan benar, Anda akan tahu berapa banyak uang yang telah masuk dan keluar, serta digunakan untuk apa saja.?

Bahkan yang lebih baik, Anda akan tahu bahwa Anda memiliki uang di tangan untuk pembelian besar seperti mobil, uang muka rumah, atau memperluas keluarga Anda.


Lantas langkah-langkah dalam membuat anggaran mengatur keuangan keluarga dalam rumah tangga? 

Berikut adalah cara untuk mewujudkannya dalam delapan langkah mudah:

1. Catat pengeluaran Anda untuk satu bulan

Pertama, catatlah pengeluaran Anda dalam satu bulan. Satu-satunya tujuan Anda untuk bulan ini adalah untuk mencatat setiap rupiah yang Anda belanjakan. Pada tahap ini, Anda hanya mengumpulkan informasi, jadi jangan stres dahulu. Setiap kali Anda menghabiskan uang, catatlah jumlahnya dan untuk kegunaan apa.

2. Hitung penghasilan bulanan atau tahunan

Kumpulkan slip gaji Anda. Sekarang saatnya untuk mencari tahu penghasilan tahun lalu. Jika Anda memiliki pekerjaan yang sama dan gaji yang sama seperti tahun lalu, Anda dapat menggunakan pendapatan tahun lalu untuk langkah ini. Jika Anda telah berganti pekerjaan atau memiliki sumber pendapatan tambahan, hitung perkiraan gaji Anda setiap bulan, kemudian kalikan 12.

3. Mengategorikan biaya bulanan Anda

Luangkan waktu untuk menganalisis pengeluaran Anda dari beberapa minggu terakhir. Kelompokkan pembelian Anda ke kategori seperti bahan makanan, perlengkapan, menghabiskan uang, atau sewa rumah dan setiap kelompok lain yang secara alamiah muncul. Jika Anda membutuhkan ide-ide untuk bagaimana untuk mengelompokkan pengeluaran Anda, carilah secara online untuk bentuk anggaran yang bisa Anda cetak.

4. Mengevaluasi dan merencanakan


Hitung pengeluaran Anda dari setiap kategori untuk bulan sebelumnya. Jika mereka melebihi pendapatan Anda, jangan panik. Ini adalah waktunya kita merencanakan bagaimana kita akan membuat keseimbangan.

Perhatikan pengeluaran Anda dari bulan lalu. Jika Anda menghabiskan Rp500 ribu sebulan menyewa DVD dan TV kabel, tetapi tidak punya uang untuk masa depan, bisakah Anda menghemat dengan berhenti langganan TV kabel? Bisakah Anda menghemat lagi di pos hiburan? 

Terapkan logika itu untuk setiap pos anggaran, kurangi jumlah yang Anda habiskan setiap bulan, sehingga lebih kecil dari jumlah penghasilan Anda.


5. Hati-hati dengan pengeluaran agar tidak melebihi anggaran

Sekarang setelah Anda memiliki anggaran di atas kertas, saatnya untuk melaksanakannya di kehidupan nyata. Ada beberapa situs atau aplikasi yang melacak kategori Anda untuk setiap pembelian, lalu mengirim email atau SMS peringatan jika Anda sudah hampir melebihi jumlah yang dianggarkan. 

Mencatat pengeluaran Anda dengan hati-hati adalah bagian penting dari anggaran, terlepas dari apakah Anda menggunakan perangkat lunak atau pensil dan kertas.

6. Tabungan adalah yang utama

Setiap kali Anda menerima gaji, atur jumlah kecil ke dalam rekening tabungan. Jika sulit bagi Anda untuk menarik uang ini keluar dari akun Anda, pertimbangkan menyiapkan transfer biasa atau setoran langsung ke dalam tabungan, sehingga proses ini tidak terlihat jelas bagi Anda. Menabung untuk masa depan Anda adalah penting, bahkan jika Anda hanya menyisihkan sedikit setiap pekan.

7. Membayar utang adalah prioritas

Setelah Anda punya pengeluaran yang terkendali dan sedikit tabungan, dedikasikan sebagian uang Anda setiap bulan untuk melunasi utang. Bahkan tambahan Rp200 ribu untuk tagihan kartu kredit akan terasa bedanya.

8 .Tinggalkan sedikit uang di rekening Anda

Jika Anda punya masalah dengan kelebihan pengeluaran di masa lalu, mungkin bijaksana untuk menyisihkan Rp1 juta s/d Rp1,5 juta. Tinggalkan uang ini dalam rekening Anda, tapi kurangi dari buku. Hal ini memungkinkan Anda mengatasi selisih kecil jika Anda membuat kesalahan matematika atau bila ada biaya tak terduga.


9. Bagilah beban yang lebih besar sepanjang tahun

Jika Anda memiliki pengeluaran besar dalam setahun atau dua kali setahun, seperti premi asuransi mobil atau tagihan liburan, luangkan waktu untuk anggaran mereka sekarang. Natal datang pada waktu yang sama setiap tahun, dan asuransi mobil Anda selalu akan jatuh tempo, sehingga sudah waktunya untuk berhenti membiarkan tagihan-tagihan besar membawa kejutan.
Sebaliknya, bagi jumlah total yang akan Anda habiskan dengan 12 bulan dan menyisihkan sebagian dari uang dalam setiap bulan.

Bila Anda merancang anggaran dan mulai benar-benar membuat uang bekerja untuk Anda, Anda sudah berada di jalan menuju kebebasan finansial, merupakan kunci sukses dalam mengatur keuangan keluarga.

Oleh: Mandy Seay, QuickEasyFit | Finansial Fit

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel