STRATEGI DALAM PENJUALAN
8/19/2014
- Buat perencanaan penjualan yang tepat yaitu periode, strategi apa yang akan digunakan, serta media apa yang akan dipakai dalam mepromosikannya.
- Tentukan target yang ingin dicapai, buat dalam target harian, mingguan, atau bulanan, serta lakukan monitoring dalam menentukan hasil dan kesimpulannya.
- Sebelum melakukan penjualan, mulai dari produk berkualitas, lakukan strategi merk & prepare tim sales/ marketing yang sudah ditraining untuk mengambil langkah-langkah yang tepat pada sasaran.
- Kaji kebutuhan target market kita, shingga kita bisa mberikan produk yang tepat sehingga strategi yang digunakan bisa lebih maksimal maka hasilnya akan lebih memuaskan.
- Gunakan media offline dan online sebagai sarana media komunikasi serta informasi dalam mengkomunikasikan ataupun tambahan informasi produk yang diperkenalkan dalam proses penjualannya.
- Buatlah produk yang value for money. Harga sesuai dengan kualitas yang akan diperoleh konsumen, sehingga pembeli produk tersebut tidak merasa dirugikan bahkan sebaliknya menjadi konsumen yang paling beruntung dunia.
- Lakukan pricing mix atau strategi harga, misal diskon, harga khusus dan bonus-bonus dengan periode tertentu, sedikit sentuhan kalimat diskon dan tambahan bonus cukup menggelitik keinginan pembeli untuk bisa memiliki barang yang ditawarkan.
- Buatlah paket-paket produk, misal bundling, paket bonus / paket saat event spesial untuk meningkatkan omzet.
- Pilihlah lokasi yang strategis dan tepat sasaran dalam penjualannya, dimana cukup banyak orang berkumpul, misal kampus, kantor, mall.
- Lakukan promosi yang terencana, semisal dengan sosial media, spanduk, brosur, sponsorship dll.