DOWNLOAD MP3 MACAM-MACAM LAGU ADZAN LENGKAP YANG MERDU DAN TERBAIK UPDATE

Adzan adalah perbuatan yang sangat disunnahkan sebelum melaksanakan shalat lima waktu. Selain sebagai penanda akan masuknya atau untuk memberitahukan waktu shalat, adzan juga digunakan sebagai sarana untuk menampakkan syi’ar Islam.



Terlebih ketika kumandang adzan dilantunkan dengan suara adzan yang merdu dengan tehnik bacaan yang benar hal tersebut bisa menggetarkan hati siapapun yang mendengarkannya. 

Sehingga tidak sedikit orang-orang yang ingin belajar lebih dalam mengenai adzan, terlebih seseorang yang dirasa mampu dan memiliki suara yang merdu dan enak di dengar maka tidak ada salahnya untuk melantunkannya.

Untuk para qori yang sudah paham dengan 7 macam lagu dalam membaca Al-qur'an tentu bukanlah hal yang sulit dalam mempelajari macam-macam lagu adzan karena pada dasarnya lagu-lagu tersebut dengan irama ritme lagu yang sama.

Di era milenial dewasa ini tidak sulit untuk mencari informasi sebagai tambahan wawasan, bahkan untuk mendownload file mp3 sebagai penopang pembelajaran bukanlah hal yang sulit lagi.

Download Mp3 Adzan dimana?

Untuk membantu kawan-kawan dalam menambah ilmu tatacara adzan maka silahkan download mp3 adzan lengkap yang ada didalam blog ini secara gratis.

Muazin adalah orang yang senantiasa melantunkan adzan sering kita dengar di Masjid, Mushola, langgar, surau atau bahkan ketika bayi yang baru lahirpun ( bayi yang orang tuanya beragama islam ) harus mendengarkan adzan terlebih dahulu hal itu untuk menunjukan tugas manusia di muka bumi ini yakni beribadah kepada Allah SWT.

Perlu diketahui bahwa adzan merupakan kegiatan sunah yang berpahala besar dan luar biasa mulianya, maka ada sedikit penjabaran perihal adzan yang wajib di ketahui.

Lantas kapan perintah adzan di bagi umat muslim?

Adzan disyariatkan pada tahun kedua Hijriyah, pada saat Rasulullah sedang berkumpul dengan para sahabat untuk menentukan akan masuknya waktu shalat. 

Para sahabat ada yang mengusulkan dengan menium terompet, tapi hal itu ditolak Rosullullah karena menyerupai kaum Yahudi. 

Adapula sahabat yang mengusulkan dengan membunyikan lonceng, usul tersebut juga ditolak karena sama halnya dengan kaum Nasrani.

Lalu Umar Ibn Khattab mengusulkan agar ditunjuk seseorang sebagai pemanggil kaum Muslim untuk shalat saat waktu shalat tiba.

Usulan inilah yang diterima Nabi. Sedangkan kalimat adzan sebagaimana yang dilafalkan sampai detik ini adalah hasil mimpi dari sahabat Abdullah bin Zaid. Dilansir dari NU online adzan dan tafsir kemanusiaan yang mengulasnya dengan lengkap.

Abu Dawud mengisahkan bahwa Abdullah bin Zaid berkata sebagai berikut: 

Ketika cara memanggil kaum Muslimin untuk shalat dimusyawarahkan, suatu malam dalam tidurku aku bermimpi. Aku melihat ada seseorang sedang menenteng sebuah lonceng. Aku dekati orang itu dan bertanya kepadanya apakah ia ada maksud hendak menjual lonceng itu. 

Jika memang begitu aku memintanya untuk menjual kepadaku saja. Orang tersebut malah bertanya, 'Untuk apa?' Aku menjawabnya, bahwa dengan membunyikan lonceng itu, kami dapat memanggil kaum Muslim untuk menunaikan shalat

Orang itu berkata lagi, "Maukah kau kuajari cara yang lebih baik?" 

Dan aku menjawab "Ya!" 

Lalu dia berkata lagi dan kali ini dengan suara yang amat lantang:

Allahu Akbar Allahu AkbarAsyhadu alla ilaha illallahAsyhadu anna Muhammadar RasulullahHayya 'alash sholah hayya 'alash sholah 
Hayya 'alal falah hayya 'alal falah 
Allahu Akbar Allahu AkbarLa ilaha illallah.
Pada Ketika esoknya aku bangun, aku menemui Nabi Muhammad.SAW. dan menceritakan perihal mimpi itu kepadanya. 

Hingga keesokan harinya aku bangun, aku menemui Nabi Muhammad SAW , dan menceritakan perihal mimpi itu kepadanya, kemudian Nabi Muhammad , berkata, "Itu mimpi yang sebetulnya nyata. 

Berdirilah disamping Bilal dan ajarilah dia bagaimana mengucapkan kalimat itu. Dia harus mengumandangkan adzan seperti itu dan dia memiliki suara yang amat lantang.

" Lalu akupun melakukan hal itu bersama Bilal." Rupanya, mimpi serupa dialami pula oleh Umar. Ia juga menceritakannya kepada Nabi Muhammad SAW .

Rupanya, mimpi serupa dialami pula oleh Umar ia juga menceritakannya kepada Nabi Muhammad SAW.

Setelah lelaki yang membawa lonceng itu melafalkan azan, dia diam sejenak, lalu berkata: "Kau katakan jika salat akan didirikan:

  • Allahu Akbar, Allahu Akbar
  • Asyhadu alla ilaha illallah
  • Asyhadu anna Muhammadarrasullulah
  • Hayya 'alash sholah
  • Hayya 'alal falah
  • Qod qomatish sholah (2 kali), artinya "Salat akan didirikan"
  • Allahu Akbar, Allahu Akbar
  • La ilaha illallah

Hingga kemudian Sayyidina Umar mengusulkan “mengapa tidak langsung menyuruh seseorang memanggil-manggil orang untuk shalat?”. 

Maka Rasulullah saw secara spontan memerintahkan Bilal “hai Bilal panggillah mereka untuk shalat”. 

Bilalpun mengumandangkan adzan untuk pertama kali dalam sejarah. Begitulah asal-usul adzan sebagaimana tersebut dalam hadist Shahih Bukhari dalam Kitabul Adzan. 

Adapun mengenai sistematika adzan itu sendiri yang diajarkan Rasulullah saw kepada sahabat Bilal adalah sebagaimana yang kita dengar sekarang ini. Sebagaimana dijelaskan dalam hadits Rasulullah saw.
عن أنس رضي الله عنه قال: أمر بلال أن يشفع الأذان, وأن يوتر الإقامة إلا الإقامة 
Diriwayatkan dari Anas r.a.  Bilal diperintahkan untuk mengulang pengucapan (kalimat) adzan dua kali, dan untuk iqamah satu kali kecuali ‘qad qamatis shalah’ 
Begitu pula bagi yang mendengarkan, disunnahkan untuk menjawabnya sebagaimana diajarkan oleh Rasulullah saw dengan mengikuti kalimat muaddzin kecuali ketika kalimat hayya alas shalah dan hayya alal falah, maka jawabannya adalah lahaula wala quwaata illa billah.

Mengumandangkan adzan merupakan salah satu perbuatan yang memiliki fadhilah yang sangat besar. Imam Ghazali dalam kitabnya yang sangat terkenal Ihya’ Ulumiddin menyitir hadits yang menjelaskan keutamaan seorang muadzdzin (orang yang adzan). 

Beliau menuturkan:

ثَلَاثٌ يَوْمَ الْقِيَامَةِ عَلَى كَثِيْبٍ مِنْ مِسْكٍ أَسْوَدَ لَا يَحُوْلُهُمْ حِسَابٌ وَلَايَنَالُهُمْ فَزَعٌ حَتَّى يَفْرُغَ مِمَّا بَيْنَ النَّاسِ: رَجُلٌ قَرَأَ الْقُرْأَنَ إبْتِغَاءَ وَجْهِ اللهِ عَزَّوَجَلَّ وَأَمَّ بِقَوْمٍ وَهُمْ بِهِ رَاضُوْنَ عَنْهُ وَرَجُلٌ أَذَّنَ فِيْ مَسْجِدٍ وَدَعَا إلَى اللهِ عَزَّوَجَلَّ إبْتِغَاءَ وَجْهِ اللهِ وَرَجُلٌ أُبْتُلِيَ بِالرِّزْقِِ فِي الدُّنْيَا فَلَمْ يُشْغِلْهُ ذَلِكَ عَنْ عَمَلِ اْلآخِرَةِ 

Di akhirat kelak, ada tiga golongan yang dekat dari minyak misik yang hitam. Mereka tidak akan terpengaruh oleh hisab (perhitungan amal manusia), dan mereka tidak akan merasakan ketakutan yang dialami manusia lainnya. (Pertama) adalah seorang laki-laki yang membaca Al-Qur’an murni semata-mata karena Allah SWT, kemudian menjadi imam yang diridhai oleh makmumnya. (Kedua) seorang laki-laki yang adzan di masjid, mengajak manusia untuk menuju jalan Allah SWT. (Ia melakukan itu) semata-mata mengharap ridha Allah SWT mengharap ridha Allah SWT. Dan (ketiga) seorang laki-laki yang diberi rizki dunia yang banyak oleh Allah SWT, namun rizki tersebut tidak sampai melupakannya untuk melaksanakan perbuatan akhirat. (Ihya Ulumiddin juz I, hal 145).

Sungguh luar biasa nilai pahala seorang muadzin yang ikhlas karena Allah dalam menjalankannya.

Semoga keluarga kita, atau anda semua ada yang menjadi seorang muadzin.

Bagaimana adzan tidak bernilai ibadah, sebab pahala dan keutamaan azan begitu besar. 

Bahkan dijamin dalam hadits, bahwa manusia dan jin dan makhluk lain yang mendengar suara azan akan menjadi saksi di hari kiamat kelak.

فَإِنَّهُ لَا يَسْمَعُ مَدَى صَوْتِ الْمُؤَذِّنِ جِنٌّ وَلَا إِنْسٌ وَلَا شَيْءٌ إِلَّا شَهِدَ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

Artinya, “Karena sesungguhnya tidak ada manusia, jin, atau suatu hal lain yang mendengar panjangnya suara muadzin kecuali ia menjadi saksi bagi muadzin tersebut di hari kiamat,” (HR Bukhari).

Apa Sarat-sarat muazin?

1. Adab adzan

Dilansir dari wikipedia adab dalam melaksanakan azan menurut jumhur ulama adalah sebagai berikut:

- Kriteria muazin

  1. Muslim dan berakal;
  2. Baik agamanya;
  3. Diutamakan orang dewasa, namun jika terpaksa anak kecil tidak mengapa;
  4. Memiliki sifat amanah
  5. Tidak menerima upah azan;
  6. Suara muazin lantang dan merdu;

- Ketentuan dan tata cara azan

  1. Muazin disunahkan suci dari hadas besar dan kecil;
  2. Berdiri;
  3. Muazin menghadap ke arah kiblat ketika mengumandangkan azan;
  4. Melakukan azan ditempat tinggi, atau dengan pengeras suara;
  5. Memperhatikan tajwid, memperlambat azan dan mempercepat iqamah;
  6. Meletakkan jari-jari di telinga ketika azan;
  7. Menengok ke kanan dan ke kiri ketika haya’alatain;

2. Bacaan Adzan

Bacaan adzan sesuai dengan paparan diatas, berikut ini gambar bacaan adzan beserta jawaban ketika muazin melafakan bacaan adzan termasuk didalamnya ketika adzan subuh dan bacaan iqomahnya.

- Adzan dan jawabannya

Berikut ini lafal bacaan adzan beserta jawaban adzan lengkap yang dijawab oleh jamaah yang mendengarkan adzan.

- Bacaan Iqomah

Berikut ini lafal iqomah lengkap yang dilantunkan oleh muazin


- Do'a setelah adzan




3. Berikut ini download mp3 macam-macam lagu adzan lengkap bersuara merdu :

  • Bayati
  • Shoba
  • Nahawan
  • Hijaz
  • Rost
  • Sika
  • Jiharka

1. Adzan dengan lagu Bayati

- Lagu adzan bayati


- Lagu adzan bayati qoshr adzan subuh



- lagu adzan bayati jawab



- lagu adzan bayati versi masjidil harom

2. Adzan dengan lagu Shoba

- Adzan dengan irama lagu shoba yang merdu



3. Adzan dengan lagu Nahawan

- Adzan dengan irama nahawan yang sangat merdu dan indah layak untuk dicoba karena irama lagunya tidak terlalu sulit untuk di ikuti.


4. Adzan dengan lagu Hijaz

- Adzan dengan irama lagu hijaz lengkap







5. Adzan dengan lagu Rost

- Adzan menggunakan irama lagu rost lengkap.






- Adzan lagu rost dengan tingkatan nada syuri



- Lagu adzan rost variasi sinjiron
- Lagu adzan variasi Syairon

6. Adzan dengan lagu Sika

- Irama adzan dengan lagu sika



7. Adzan dengan lagu Jiharka

- Irama lagu adzan dengan nada Jiharka



- Adzan lagu jiharka Syeikh Mishary Rashid Al 'afasy

Download mp3 lagu adzan lainnya

- Adzan merdu Masjidil Harom Mekkah dari Syeikh Ali Ahmad Mulla





- Adzan merdu dari kota suci Madinah



- Adzan subuh Madinah



- Adzan Irama Kurdi





Adzan irama kurdi dari Syeikh Mishary Rashid Al 'afasy



Adzan Subuh irama kurdi dari Syeikh Mishary Rashid Al 'afasy

Demikilah kumpulan download mp3 adzan lengkap, semoga menambah kecintaan anda dalam beribadah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel