Perbedaan Pemimpin dan Kepemimpinan yang Wajib di Ketahui Tahun 2020

Perbedaan pemimpin dan kepemimpinan? Dua kata yang hampir sama namun memiliki arti yang berbeda. Sehinga perlu ditekankan peran penting pemimpin atas yang dipimpinnya.

perbedaan pemimpin dan kepemimpinan

A. Lantas apa perbedaan dari pemimpin dan kepemimpinan? 

Kepemimpinan dimana aktivitas seseorang mampu mengarahkan perilaku orang lain untuk mau mengikuti untuk mencapai tujuan tertentu, sedangkan seorang pemimpin yang mampu menjadi seorang leader dalam posisi tertentu baik dalam lingkungan kerja atau keluarga, pemimpin belum tentu memiliki kemampuan dalam memimpin atau memiliki jiwa kepemimpinan.

B. Apa definisi dari pemimpin?

Menurut Suradinata pengertian dari pemimpin (1997:11)
Berpendapat bahwa pemimpin adalah orang yang memimpin kelompok dua orang atau lebih, baik organisasi maupun keluarga. Sedangkan kepemimpinan adalah kemampuan seorang pemimpin untuk mengendalikan, memimpin, mempengaruhi fikiran, perasaan atau tingkah laku orang lain untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

C. Sedangkan arti dari kepemimpinan.

Adalah kemampuan yang melekat pada diri seorang yang memimpin yang tergantung dari berbagai macam faktor, baik faktor intern maupun faktor ekstern. Semantara itu LEADER adalah pemimpin jika dialihbahasakan kedalam bahasa Inggris, yaitu seseorang yang mempunyai tugas untuk LEAD anggota yang berada di sekitarnya.

Sedangkan makna dari LEAD adalah disadur dari djkn.kemenkeu.go.id:

  1. Loyality, seorang pemimpin harus mampu membangkitkan loyalitas rekan kerjanya dan memberikan loyalitasnya dalam kebaikan.
  2. Educate, seorang pemimpin mampu untuk mengedukasi rekan-rekannya dan mewariskan pada rekan-rekannya.
  3. Advice, memberikan saran dan nasehat dari permasalahan yang ada.
  4. Discipline, memberikan keteladanan dalam berdisiplin dan menegakkan kedisiplinan dalam setiap aktivitasnya.

D. Apa fungsi kepemimpin itu?

Setelah memahami tujuan dari kepemimpinan, kita harus memahami apa fungsi kepemimpinan dalam sebuah organisasi. pemimpin memiliki fungsi yang sangat penting dalam suatu organisasi, baik untuk keberadaan maupun kemajuan organisasi.


Sementara itu beberapa fungsi kepemimpinan menurut Hadari Nawawi diantaranya :

1. Fungsi Instruktif

Pemimpin bertindak sebagai komunikator untuk menentukan apa (isi perintah), bagaimana (cara melakukan), ketika (waktu pelaksanaan), dan di mana (tempat kerja) sehingga keputusan dapat diwujudkan secara efektif. Dengan kata lain, fungsi orang yang dipimpin adalah untuk melakukan perintah pemimpin dengan baik.

2. Fungsi Konsultatif

Pemimpin menggunakan fungsi konsultatif sebagai cara berkomunikasi di kedua arah dalam upaya untuk menentukan sebuah keputusan yang memerlukan pertimbangan cermat serta konsultasi dari orang-orang yang dipimpinnya.

3. Fungsi Partisipasi

Pemimpin dapat melibatkan anggota dari yang dipimpinya dalam proses pengambilan suatu keputusan maupun dalam pelaksanaannya.

4. Fungsi Delegasi

Pemimpin dapat mewakilkan kuasanya kepada orang lain, misalnya dalam membuat maupun dalam menetapkan suatu keputusan. Sementara itu Fungsi dari pendelegasian sebagai bentuk dari kepercayaan seorang pemimpin kepada seseorang yang menerima pelimpahan wewenang untuk bertanggung jawab penuh.

5. Fungsi Pengendalian

Pemimpin dapat melakukan bimbingan, pengarahan, koordinasi, serta pengawasan, terhadap kegiatan para anggotanya.

E. Selanjutnya kriteria seperti apa ciri-ciri dari seorang pempimpin yang baik.


Berikut ini ciri-ciri kriteria yang cocok untuk menjadi seorang pemimpin diantaranya :

1. Kriteria yang pertama adalah jujur dan dapat dipercaya.
Jujur dalam setiap perbuatan dan perkataannya yang dapat memcerminkan sebagai seorang pemimpin yang dapat dipercaya. Kejujuran menjadi modal utama sebagai seorang pemimpin, sehingga dengan sendirinya anggota tim akan dengan sendirinya dapat mengikuti pemimpinnya.

2. Kriteria kedua adalah mampu bertanggung jawab
Tidak semua pemimpin mampu bertanggung jawab sebagai bentuk amanah yang diembannya. Ada tipe pemimpin yang hanya siap mengemban tugas sebagai seorang pemimpin namun lari ketika mendapatkan masalah dalam timnya sehingga sikap demikan bukanlah sebagai contoh yang baik bahkan tidak pantas menjadi seorang pemimpin.

Tidak menyalahkan anggota tim namun siap menerima segala konsekwensi yang diterima sebagai seorang pemimpin yang mampu bertanggung jawab. Karena seorang pemimpin akan selalu diminta pertanggungjawaban atas apa yang dipimpinnya serta keputusan yang telah diambilnya.

3. Kriteria pemimpin harus mampu menentukan skala prioritas
Seorang pemimpin yang baik adalah mampu dalam menentukan serta memilih skala prioritas yang diutamakan.

Dengan skala prioritas, pemimpin yang baik bisa menentukan keputusan dengan tepat sasaran apa yang menjadi kebutuhan lebih utama dan urgent untuk lebih di utamakan.

Mampu untuk meminimalisir kerugian maupun keuntungan dengan analisa yang tepat sasaran.

4. Memiliki kemampuan dalam mendelegasikan tugas
Kemampuan dalam mendelegasian tugas adalah point penting sebagai seorang pemimpin, mampu mendelegasikannya pada orang yang tepat dalam melakukan tugas yang di embankannya.

Sebagai bentuk kepercayaan kepada anggota tim sesuai dengan kapasitas masing-masing yang dimilikinya. Sehingga pemimpin akan lebih mampu untuk fokus pada tugas lain yang lebih penting.

5. Mampu dengan cepat menangani atau mengatasi suatu masalah.
Kemampuan pemimpin yang baik adalah mampu dengan cepat menangangi atau masalah yang timbul dalam dengan langkah-langkah yang tepat serta tidak menimbulkan gesekan antar anggota tim serta mempu menjadi penengah yang baik.

Responsive dalam mengatasi permasalahan sehingga masalah tidak tergantung atau menjadi berlarut-larut tanpa penyelsaian yang pasti.

6. Pemimpin yang baik memiliki pemikiran dan sikap positif
Setiap pemimpin yang baik harus memiliki pemikiran dan sikap positif. Karena dengan sikap dan pemikiran positif akan mampu melihat visi dan misinya kedepan dengan jauh lebih optimis, tidak lagi menjadi sebuah beban yang harus dipikul.

7. Memiliki kemampuan dalam Berkomunikasi secara efektif
Seorang pemimpin memiliki kemampuan dalam berkomunikasi yang baik dan efektif sehingga pesan yang disampaikan jelas. Sehingga kemampuan tersebut mutlak harus dimiliki sebab mampu untuk menyelelaraskan seluruh anggota tim dalam mencapai tujuan yang telah di tentukan.

8. Memiliki keberanian sosial dan percaya diri
Keberanian sosial serta rasa percaya diri yang lebih tingga sehingga seorang pemimpin yang baik mamu mengangkat harkat dari tim yang dipimpinnya.

Memiliki jiwa sosial yang mampu mengapresiasi serta memahami keadaan anggota tim dengan baik.

9. Mampu dalam mengembangkan setiap anggota tim dengan baik
Pemimpin yang baik memeliki kemampuan dalam mengangkat dan mengembangkan seluruh anggota tim dengan baik sehingga kerja sama tim menjadi semakin baik.

Mampu melihat potensi-potensi yang dimiliki oleh seluruh anggota tim sehingga kemapuan yang terpendam mampu digali dan dikembangkan sesuai dengan bakatnya.

Sehingga dengan peningkatan SDM pun mampu mengantarkan kepada target tujuan lebih mudah untuk dicapai dengan kerjasama tim.

10. Mampu mengendalikan keadaan dengan baik
Seorang pemimpin memiliki kemampuan untuk mengendalikan keadaan, dalam luang lingkup pekerjaan mood tiap-tiap manusia selalu berbeda sehingga rentan akan gesekan. Maka dari itu diperlukan seorang pemimpin yang mampu mejadi penengah yang baik serta memberikan solusi yang tepat.

Demikianlah kriteria ciri-ciri seorang pemimpin yang baik yang harus dimiliki oleh pemimpin yang baik tak hanya sekedar memimpin.

Semoga bermanfaat.




Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel