KISAH SUKSES 3 PENGUSAHA MUDA BISNIS STARTUP DARI INDONESIA

Indonesia selain dikenal dengan sebutan zamrud katulistiwa, bahkan Pulau Bali pun namanya kian mendunia. Tetapi kali ini bukan membahas tentang kisah zamrud katulistiwa dan eloknya pulau bali atau pulau dewata. Di era teknologi yang kian pesat dewasa ini ternyata para pemuda Indonesia mampu menunjukan tajinya dimata dunia teknologi bahkan pantas untuk dijadikan bahan inspirasi para kawula muda dalam meraih cita-cita ataupun memberikan trobosan-trobosan baru revolusioner seperti mereka.

Setelah membahas 5 orang penebar inspirasi bangsa yang mengharumkan nama Indonesia dengan trobosan-trobosannya yang mampu menginspirasi para pemuda lainnya, kali ini kita bahas kisah sukses pengusaha muda yang memulai bisnisnya dari bisnis startup yang berasal dari Indonesia tentunya. Semoga dengan paparan singkat tersebut mampu memberikan sedikit motivasi tersendiri serta membangun inspirasi dari kisah sukses pengusaha muda asal Indonesia tersebut.
Baca Juga 5 orang sukses menjadi orang terkaya didunia walau tak lulus kuliah

Adapun kisah sukses pengusaha muda startup yang berasal dari Indonesia

1. Andrew Darwis ( Pendiri Forum Online KASKUS )

Andrew-darwis-pendiri-kaskus
Andrew darwis pendiri kaskus
 Siapa yang yang tak mengenal KASKUS? Para peselancar dunia maya sudah tidak asing lagi dengan forum komunitas online yang memberikan berjuta manfaat bagi para pembaca setianya. Forum yang dijadikan ajang diskusi, bisnis jual beli ataupun berbagi informasi. Ternyata forum tersebut didirikan oleh seorang pemuda Indonesia yaitu Andrew Darwis bersama dua rekannya Ronald Stephanus, dan Budi Dharmawan, pada saat menempuh studi di Seattle, Amerika Serikat. Arti dari Kaskus itu sendiri adalah Kasak-Kusuk yang pada awalnya hanya sekedar pelepas hobby komunitas tapi dewasa ini perkembangannya makin mengagumkan sehingga saat ini, bahkan sekarang ditangani lebih serius lagi dan dikelola oleh PT Darta Media Indonesia.

Server Kaskus yang semula berada di AS pun dipindahkan ke Indonesia, yang pada mulanya dengan domain www.kaskus.us bertransformasi menjadi www.kaskus.co.id tepatnya pada tanggal  27 Mei 2012 akibat terjadinya gangguan pada domain kaskus.us tanggal 26 Mei 2012 seiring perpindahan server tersebut. Kali ini Kaskus terus berkembang dengan pesatnya dengan jutaan member tetap serta pembaca setianya.

Perjalanan kaskus tak semulus perkiraan banyak peristiwa yang mengiringi perkebangannya dari dicap sebagai situs undurground dll sampai terjadinya hilangnya sebagian databased pada tahun 2008 pertempuran dunia cyber dengan forum online tetangga saat itu yogyafree, namun akhirnya pertikaian tersebutpun bisa diselsaikan dengan jalan damai.

Kaskus saat ini memiliki beberapa layanan seperti Kaspay yang merupakan sistem pembayaran secara online yang diluncurkan pada november 2009 dan penggunaanya pun bisa dipergunakan dengan situs-situs lain yang berafiliasi dengan kaspay. E-pulsa layanan jual beli pulsa All operator pembayarannya menggunakan Kaspay. Kaskus Ads layanan beriklan di kaskus. Kaskus radio, layanan radio internet yang dikelola oleh para kaskuser sendiri dan yang terahir seiring kebijakan Mobilgedon maka kaskuspun menggunakan layanan kaskus mobile untuk mempermudah mengakses kaskus melalui telphon pintar.

2. Ferry Unardi ( Traveloka )
ferry-unardi-pendiri-traveloka
ferry unardi pendiri traveloka
 Travelloka yang iklanya wara-wiri muncul dilayar televisi swasta menawarkan jasa layanan pemesanan online tiket hotel Pemesanan tiket pesawat dan hotel online melalui smartpone ataupun melalui dekstop, merupakan trobosan baru dalam dunia travelling karya anak bangsa yaitu Ferry Unardi, lulusan Sekolah Bisnis Universitas Harvard. Tepatnya tahun 2012 Ferry Unardi bersama rekannya Derianto Kusuma dan Albert, Derianto yang lulusan Universitas Stanford. Dengan segudang pengalaman didunia IT dan bekerja diperusahan yang menjadi idaman para developer dunia IT Ferry yang pernah bekerja di Microsoft sementara Derianto bekerja sebagai software engineer senior LinkedIn di Silicon Valley, tak menyurutkan niatnya untuk berkarya.

Semua bermula dari sulitnya akses pemesanan tiket pesawat hingga akhirnya kemudian menciptakan mesin pencari khusus tiket pesawat namun mulai bulan Maret 2014 mesin pencari tersebut pun berkembang kepencarian ataupun pemesanan hotel dengan akurasi yang cukup tinggi. Traveloka resmi berdiri sebagai situs pencarian dan pembanding harga tiket pesawat. Berkat Kepiawaian Ferry dan timnya dalam membaca tren pasar hal itu menjadi kunci keberhasilannya dalam mengembangkan Traveloka sebagai agen travel online yang menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat dan booking hotel terbesar di Indonesia hanya dalam waktu 3 tahun sejak didirikan, pada perkembangannya Ainun Najib sang pelopor kawalpemilu.org pun bergabung didalamnya.


3. William Tanuwijaya ( Tokopedia )
william-tanuwijaya-pendiri-tokopedia
william tanuwijaya pendiri tokopedia
Geliat teknologi dasawarsa ini semakin menunjukan perannya itu menjadi tatangan tersendiri bagi para produsen eletronik untuk tidak tertinggal dalam teknologi saat ini, para produsen gadget berlomba-lomba memperkenalkan dan menawarkan berbagai kecanggihan dan kelebihan produk masing-masing, di era gadget saat ini menjadi peluang tersendiri bagi para ahli teknologi informatika khususnya untuk menjadi pasar tersendiri, mungkin kita tahu dahulu untuk membeli barang kita harus rela berdesak-desakan dipasar demi mendapatkan barang yang kita inginkan. Namun siapa sangka saat ini berbelanja cukup dengan mengakses telphone pintar dari mana pun asal dan tempatnya tak perlu harus repot-repot pergi ke toko ataupun ke pasar.

Namun patut disesalkan adalah ulah para oknum yang memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut untuk melakukan penipuan, hal tersebutlah yang memacu William Tanuwijaya untuk mencari solusinya untuk menekan penipuan online melalui jual beli online, hingga akhirnya lahirlah Tokopedia. Tokopedia awal mula berdiri setelah mendapatkan investor asing 1,2 triliun pada tahun 2014. Perjalanan hidup William Tanuwijaya cukup berliku dari sebagai seorang mahasiswa abadi hingga menjadi seorang karyawan warnet demi akses gratis internet sepuasnya yang mengakibatkan pada kuliahnya tidak berjalan dengan maksimal, walaupun pada akhirnya dia lulus pada tahun 2013.

William Tanuwijaya sukses membangun tokopedia hingga saat ini semakin menancapkan kukunya dibidang startup dengan visi misi “Membangun Indonesia lebih baik (melalui internet)”. Karena keberhasilannya dalam membawa Tokopedia berkembang pesat tak pelak akhirnya banyak orang yang menjulukinya dengan sebutan “Jack Ma of Indonesia”.

Dengan menyimak dan menelaah paparan diatas bisa kita simpulkan bahwa kesuksesan bisa menjadi milik siapapun anda bahkan yang tidak lulus kuliah sekalipun bisa meraih kesuksesan yang sama, saya atau siapapun yang penuh ketekunan dan semangat yang pantang menyerah dalam meraihnya. Semoga dengan kisah sukses 3 pengusaha muda bisnis startup asal Indonesia itu memberikan inspirasi dan motivasi kita karena tidak ada yang tidak mungkin jika kita benar-benar mengusahakannya.

menjadi seorang Pengusaha muda memiliki banyak kelebihan supaya dapat menyempurnakan kesuksesannya. Dengan memulai usaha sedini mungkin akan membuat kesuksesan tersebut akan lebih bertahan lama. 3 Kisah sukses pengusaha muda dapat menjadi contoh inspiratif para pemuda Indonesia khususnya. Kemandirian dalam menghadapi apapun itu masalahnya merupakan salah satu amunisi terbaik untuk mendorong orang giat berusaha dalam menggapai mimpinya.

disadur dari berbagai sumber

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Judul: KISAH SUKSES 3 PENGUSAHA MUDA BISNIS STARTUP DARI INDONESIA ; Ditulis oleh Unknown; Rating Blog: 5 dari 5

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel