7 KISAH SUKSES MENJADI PENGUSAHA MUDA PENUH PRESTASI SUMBER INSPIRASI

Menjadi seorang pengusaha sukses siapapun pasti menjadi impian para pemuda atau siapapun, terlebih lagi apabila menjadi seorang pengusaha muda yang sukses penuh prestasi bahkan pantas untuk dijadikan sumber inspirasi para pemuda lainnya dalam menggapai mimpi-mimpi yang  dibangun.

Baca juga
kisah sukses 3 pengusaha muda Indonesia bisnis start up
5 orang penebar inspirasi bangsa dengan trobosan bisnisnya

Namun siapa nyana dinegeri tercinta ini tidak kurang akan hadirnya para pemuda yang sukses menjadi pengusaha walau dalam usia masih terhitung muda namun layak untuk dijadikan panutan sumber inspirasi. Mereka berhasil mewujudkan mimpi-mimpinya dengan penuh semangat dan ketekunan serta perjuangan yang tak mengenal lelah hingga akhirnya merasakan buah dari perjuangannya tersebut.

Tak perlu berlama-lama untuk mengetahui beberapa kisah sukses pengusaha muda yang berprestasi tersebut diantaranya adalah :

1. Hafiza Elfira
hafiza-elfira-soscialpreneur
hafiza-elfira-soscialpreneur
 Dara manis berusia yang kini berusia 22 tahun merupakan seorang Mahasiswi dari Universitas Indonesia. Trobosannya dalam duniaentreprenur sungguh luar biasa, berkat usahanya dalam membantu para penderita kusta di sitanala dibawah naungan Nalacity Foundation, Hafiza Elfira hadir dengan inovasi cerdas dalam berbisnis sosialpreneurnya membantu para penderita kusta untuk tetap berkarya.

Hefiza Elfira layak mendapat julukan Socialpreneur atas usahanya tersebut diatas dalam memberdayakan para penderita kusta, karenausahanya memiliki dampak positif dibidang sosial. Maka tak heran jika gadis manis tersebut layak mendapatkan penghargaan  10 Pengusaha Muda Sukses versi Yukbisnis.com

Hafiza sukses dalam membekali para ibu-ibu penderita kusta dengan ilmu menjahit manik-manik pada jilbab. Namun siapa sangka, buah kerja keras para ibu-ibu penderta kusta  hasil karya jilbab manik-manik memiliki nilai jual cukup tinggi tinggi bahkan laris di pasaran. Alhasil, Hafiza bersama Nalacity Foundation dapat meraup omzet hingga ratusan juta per bulannya hasil dari penjualan jilbab manik-manik tersebut.

2. Yasa Singgih
Yassa-Singgih
Yassa-Singgih
 Yasa Singgih memiliki motto yang sungguh luar biasa yakni "Never too young to become a billionaire" Tidak ada istilah terlalu muda untuk menjadi seorang jutawan, kira-kira demikianlah prinsip hidup dari Yasa Singgih, pemuda kelahiran bekasi 23 April 1995.

Sosok pemuda yang terlahir dalam keluarga sederhana bahkan bukan terlair dalam keluarga yang kaya raya, namun hal itu tak menyurutkanniatnya dalam kemandirian untuk hidup mandiri dengan berbisnis.

Keputusan itu muncul hal itu dikarenakan saat itu usianya menginjak 15 tahun, Ayahnya menderita serangan jantung yang mengharuskan untuk diopreasi. Sebagai anak bungsu dirinya merasa menjadi beban dalam keluarga, maka kejadian tersebut mejadi titik balik melecut semangat untuk bisa mandiri dalam hidup serta membahagiakan kedua orang tuanya sebelum semuanya terlambat.

Ketia usia 15 tahun pun Yasa sudah tidak asing lagi dengan dunia bisnis dan bekerja keras untuk memenuhi hasratnya menjadi seorangpemuda mandiri, dimulai dari menjadi seorang MC berbagai acara Sweet 17 dan musik. Selain itu juga Yasa piawai dalam berdagang dengan menjual lampu hias secara online untuk menambah penghasilannya, walaupun dengan akhir yang kurang menyenangkan bisnis jual beli lampu hias tersebut tidak bisa dilanjutkan akibat dari suplaiernya tidak dapat memasok barang lagi.

Namun karena keuletannya menginjak usia 16 tahun yasa banting setir dalam bisnis usaha fashion. Jatuh bangun dalam berbisnis sudah menjadi sahabat karib bahkan tidak jarang mendapat cemoohan dan dipandang sebelah mata, tetapi semua itu tak menyurutkan semangatnya.

Hingga kemudian kerja kerasnya menuai hasil dengan membangun brand fashion sendiri dengan nama Men's Republic. Dalam kurun waktu dua tahun mimpi yang selama ini dia impikan perlahan menjadi mimpi yang nyata. Rugi dalam bisnispun pernah Yasa Alami dengan kisaran kerugian yang tidak sedikit dimulai dari bisnis kuliner, EO dan lainnya. Semua kegagalan yang dialami dijadikan pembelajaran yang sangat berharga.

Sejalan dengan kesuksesan dalam berbisnis pun Yasa melebarkan sayapnya dalam bisnis yang lain diantaranya dia memiliki bisnis di bidang asset yakni komplek perumahan dalam bentuk kavling tanah di Bogor serta menghandle bisnis management consulting dengan nama MS Consulting.

Ketia usianya menginjak 18 tahun, Yasa sudah mampu membayar semua biaya kuliahnya sendiri di Universitas Bina Nusantara dari hasil jerih payahnya. Bahkan tidak jarang menjadi pembicara dalam seminar-seminar bisnis, memberikan kiat-kiat seputar bisnis serta motivasi pengembangan diri. Yasa dikenal sebagai motivator dengan pembawaan santai, humoris tetapi paparannya mampu menyentuh hati audiens peserta seminar.

Petikan motivasi "When you stop learning, you stop growing. Keep FIGHT!" dimana kamu berhenti untuk belajar maka kamu akan berhenti untuk bangkit maka hadapi apapun itu yang terjadi, seperti halnya sebuah kegagalan dapat dipetik pejaran yang teramat berharga yang terkandung didalamnya, jadi tak perlu untuk lari dan menjadi tanpa kemauan untuk bangkit mengatasi kegagalan tersebut.

Dalam usia yang terhitung muda yaitu 18 tahun Yasa sudah mendapatkan rentetan penghargaan dari beberapa komunitas diantaranya :
- 10 Pengusaha Muda Sukses versi YukBisnis.com
- 5 Entrepreneur Muda Tergila versi Lintas.Me
- 5 Wirausaha Muda Sukses versi SenengMedia.com
- Narasumber Kementerian Perikanan dan Kelautan Republik Indonesia

3. Nicholas Kurniawan
Nicholas-Kurniawan
Nicholas-Kurniawan
Terlahir dari keluarga biasa saja yang penuh kesederhanaan Nicholas Kurniawan berhasil dan sukses menjadi seorang entrepreneur dalam usia muda menjadi seorang Exportir Ikan Hias termuda di Indonesia sungguh prestasi yang luar biasa dan mencengangkan. Bisnis ikan hiasnya bermula dari KASKUS ( forum komunitas terbesar di Indonesia ).

Tetapi sebelum menuai kesuksesan seperti saat ini masa kecil Nicholas tidak seperti masa-masa kecil dengan cerita indahnya. Keadaan perekonomian keluarganya yang terpuruk membuat masa kecilnya memprihatinkan untuk memenuhi kehidupan keluarga kedua orangtuanya terpaksa berhutang kanan kiri, hinaan dan cercaan sudah menjadi hal yang asing lagi, hal itulah yang membuat Nicholas untuk merubah keadaan dan menjadi lecutan semangat dalam merubah nasib.

Proses yang Nicholas tempuh tidak lah mudah seperti pebisnis sukses lainya pasti sudah tak asing dengan kegagalan, diantara bisnis yang gagal dijalaninya dimulai dari asuransi, MLM, makanan dan mainan. Titik terendah dalam hidupnya adalah dimana dia dinyatakan tidak naik kelas 2 SMA, hingga kemudian harus rela pindah dari SMA unggulan yang dia idamkan.

Setelah jatuh bangun dalam bisnisnya bukan menjadi hambatan dalam menggeluti dunia bisnis yang dia tekuni, hingga kemudian Nicholas mencoba peruntungan dengan menjual ikan hias melalui forum FJB kaskus. Tanpa dinyana bisnis ikan hiasnya maju pesat dan pemesannya pun berasal dari luar negeri, ditipu dalam bisnis online pun pernah dia alami namun hal itu tak membuatnya surut semangat. Demi membayar biaya kuliahnya di Prasetiya Mulya Business School, Nicholas terus berjuang untuk menjadi seorang exportir ikan hias.

Mimpi Nicholas Menjadi kenyataan dalam usia 20 tahun, dia telah berhasil menjadi seorang exportir ikan hias dengan meraup omset ratusan juta. Sederet penghargaan sebagai entreprenur muda sukses diantaranya:
- 2nd Winner of HIPMI New Entrepreneur Awards
- Favourite Winner Internal Prasetiya Mulya Marketing Research Project
- 1st Winner of UGM National Business Case Competition
- 1 st Winner of Internal Prasetiya Mulya Business Plan Competition

Berikut ini kutipan indah dari Nicholas Kurniawan
"My biggest strength is my honesty and loyalty. I will never faked a report or lie about any information related to my work. I also will always try to work faster and produce more then other. Lastly, I am someone that is persistent and will never give up on the task that is given to me, and will try to make a breakthrough from time to time." -

4. Hamzah Izzulhaq
Hamzah-Izzulhaq
Hamzah Izzulhaq
Hamzah Izullhaq memiliki bakat menjadi seorang entrepreneur sudah nampak sejak kecil, pria kelahiran jakarta 23 April 1993 bakat bisnisnya sejak kecil sudah menonjol dimulai dari menjual kelereng, gambaran, petasan hingga menjual koran, bahkan sempat pula berprofesi sebagai tukang parkir dan ojek payung.

Gelora bisnisnya kian memuncak disaat menginjak pertengahan kelas 2 SMA dia mengikuti seminar dan komunitas bisnis pelajar dengan tajuk Commuity of Movitavator and Entrepreneur (COME), disitu hamzah dipertemukan dengan rekan bisnis baru yang menawarkan franchise bimbingan belajar dengan nama Bintang Solusi Mandiri. Yang membuatnya takjub adalah rekan bisnisnya tersebut juga masih tergolong muda usianya, dalam usia 23 tahun dia sudah memiliki bimbil dengan jumlah cabang sebanyak 44.

Hingga kemudian rekan barunya tersebut menawarkan untuk men-tek over salah satu cabang bimbelnya yang berlokasi di Johar Baru, Jakarta pusat, dengan prospek yang cerah serta laporan keuangan yang sehat. Harga yang ditawarkan untuk men take over dengan harga jual Rp 175 juta, Walaupun hanya dengan bermodalkan uang Rp5 juta menyanggupi tawaran tersebut dan tambahan dana 70 juta dia peroleh dengan meminjam dari sang ayah setelah berhasil meyakinkan keseriusannya dalam berbisnis, sementara itu sisa 100 juta dia cicil dari keuntungan tiap semesternya.

Seiring waktu bisnis frachise bimbelnya tersebut kian berkembang pesat, dari semua keuntungannya dia putarkan untuk memajukan bisnisnya untuk lebih maju lagi. Saat ini Hamzah telah mengantongi 3 lisensi franchise bimbel dengan jumlah siswa diatas 200 orang persemesternya, saat ini Hamzah sedang melebarkan saya bisnisnya dengan melirik bisnis kerajinan SofaBed didaerah Tangerang. Pada bulan Agustus 2011 hamzah lulus dari SMU menjadi direktur utama pada perusahaan miliknya yang sudah dilengkapi badan hukum dengan nama CV Hamasa Indonesia.

5. Victor Giovan Raihan
Victor-Giovan-Raihan
Victor-Giovan- Raihan
Awal mula Victor Giovan Raihan hanya iseng-iseng dalam membuat minuman yang memadukan teh dengan susu fermentasi ini. Tetapi pada kenyataanya, minuman hasil olahannya justru memiliki banyak penggemar.

Sebelum berhasil memadukan teh dan susu fermentasi Victor sudah sukses dengan bisnis basonya bahkan sudah memiliki lima cabang kesemuanya berada dimalang. Alasan dalam keberhasilannya menciptakan kreasi minuman teh dan susu fermentasi tersebut adalah setiap penikmat baso yang menjadi langganannya pasti membutuhkan minum.

Victor memadukan daun teh setengah matang selanjutnya di mix dengan yogourt (susu fermentasi) dengan berbagai varian rasa, dan teh hasil racikannya tersebut pun mendapat respon yang luar biasa dari para pelanggannya, bahkan teh hasil kreasinya tersebut memiliki merek teh kempot hal itu dipicu dari alasan setiap orang yang meminum minuman kemasan apabila terasa enak dan hampir habis maka orang tersebut akan terus menyedot hingga mimipinya menjadi kempot. Dengan modal Rp 3 Juta dengan cara meminjam pada kedua orang tuanya dalam membangun bisnis teh kempotnya, namun saat ini victor telah memiliki 17 outlat yang dikelola oleh mitranya. Untuk menjadi mitra

bisnisnya pun tak terlalu sulit cukup dengan membayar modal awal Rp 3,5 Juta maka akan mendapatkan 1 paket Booth (gerobak), alat masak dan 100 cup (gelas kemasan), beberapa mitranya berada di Jakarta, palembang dan sisanya berada dikota Malang. Jumlah karyawan yang bekerja padanya tak kurang dari 50 orang, termasuk untuk outlet bakso dan teh kempot.

Berasal dari keluarga yang kental dengan background kepolisian ayahnya sempat menganjurkan padanya untuk bersekolah dikepolisian, namun dia tak mengikuti jejak menjadi seorang polisi seperti ayahnya tersebut dan hasilnya adalah seperti yang disaksikan saat ini kesemuanya adalah buah dari kerja kerasnya, walaupun dalam usia yang masih muda namun sudah sukses menjadi entreprenur muda yang sukses.

6. Theresia Deka Putri
Theresia-Deka-Putri
Theresia-Deka-Putri
Thereisa Deka Putri dara manis ini sukses dalam membawa usahanya sesuai harapannya, bisnis minuman alami kopi dan teh mampu meraup keuntungan sekitar 1 miliar pertahun sungguh luar biasa dalam usia yang terbilang muda. Usahanya pun masih tergolong baru dari sejak

didirikan pada tahun 2007 saat itu usianya masih 20 tahun, tetapi dorongan untuk menjadi seorang pengusaha begitu kuat yang akhirnya sukses dalam bisnis kopi luwak lanangnya.

Kopi luwak memang menjadi komoditi dan pangsa pasar tersendiri terlebih bagi kalangan konsumen berkantong tebal, hal tersebutlah yang memicu semangatnya untuk mengembangkan usahanya terlebih seiring perkembangan gaya hidup saat ini. Kenapa dinamakan kopi luwak lanang mungkin sedikit menjadi pertanyaan, kopi luwak lanang merupakan biji kopi yang dimakan oleh luwak lanang yang belum pernah diesploitasi oleh pengusaha kopi lainnya dengan rasa yang luar biasa.

Saat ini produk kopi luwak lanang hasil racikan Putri sudah melalang buana pemasarannya hingga keluar negeri para pemesannya dari Taiwan, Jepang hingga Korea Selatan setelah dikenal luas di Indonesia, walaupun pemasarannya masih dalam sekala kecil. Usahanya maju pesat berkat kerja keras dan ketekunannya dalam menjalankan bisnisnya. Usahanya terus menggeliat seiring dengan di dirikannya UD Karya Semesta perlahan dan pasti menjadi semakin mapan.

Serta dibarengi dengan metoda pemasaran yang tepat sasaran hal itu pula menjadi point penting dalam kesuksesan roda bisnisnya, bermula dari warung ke warung, hingga kemudian mengarah pada kelompok masyarakat dan instansi pemerintah maupun swasta di Gersik sampai Surabaya. Titik balik kesuksesannya adalah dimana produknya mulai di kenal dikalangan Instansi Pemerintahan.

Karena keberhasilannya dalam bidang bisnis kopi luwak lanangnya Putri menyabet beberapa penghargaan diantaranya

• Wirausaha Muda Mandiri tahun 2012
• Pemuda Pelopor Gresik bidang kewirausahaan
• Penghargaan dari KEMENPORA
• Narasumber Kick Andy Show

7. Riezka Rahmatiana
Riezka-Rahmatiana
Riezka-Rahmatiana
Untuk menjadi seorang yang sukses dalam berwira usaha memang tidaklah mudah, diperlukan perjuangan yang ekstra keras untuk menggapai suatu kesuksesan. Sebagi owner Justmine Pisang Ijo Reizka Rahmatiana pun mengalami jatuh bangun dalam mengembangkan usahanya.

Berulang kali gagal dalam berbisnis tak menyurutkan niatnya untuk menggeluti bidang kewirausahaan, diantara bisnis yang tak menuai kesuksesan yang Riezka pernah jalankan yakni bisnis kafe, booth makanan, network marketing dan hal itu membuatnya terlilit hutang yang mencekik. Hanya dengan sisia uang yang dimilikinya, Riezka memberanikana diri untuk menjual es pisang ijo asli Makassar tahun 2008 tepatnya.

Untuk mendapatkan formula yang tepat dalam bisnis pisang ijonya dia belajar langsung dari pemilik restoran Makassar, memulai bisnis hanya dengan bermodal Rp 150.000 yang dipergunakan untuk membeli bahan baku dalam membuat pisang ijo paparnya ketika dalam seminar Ernst &Young Entrepreneurial Winning Women 2013 di Jakarta. Tantangan terberat adalah justru dari kedua orang tuanya yang tak memberinya ijin untuk berjualan pisang ijo, namun Riezka tetap dalam tekadnya karena keyakinan bahwa bisnisnya akan menuai kesuksesan

Dalam kurun waktu dua bulan usahanya mulai menampakan hasil kerja kerasnya, sejalan dengan perkembangannya Riezka pun menambahkan beberapa varian rasa pada pisang ijonya seperti rasa rasa cokelat, vanila, strawberry, dan durian. Pada tahun 2009 Riezka telah

memiliki tiga cabang gerai pisang ijonya di bandung. Sistem kemitraan dikembangkan menjadi salah satu cara dalam pemberdayaanmasyarakat sekitar untuk meningkatkan pendapatan tanpa harus repot memikirkan resep makanan dan proses pembuatannya.

Kesuksesan dalam berwira usaha membuatnya mendapat ganjaran penghargaan seperti :
- The Young Entrepreneur Award,
- Top 15 Franchises Best Choice,
- Ernst & Young Entrepreneurial Wining Women 2012,

Riezka mengungkapkan untuk mendapatkan suatu kesuksesan, tidak boleh egois pada saat mewujudkan impian tersebut. "Setiap orang memiliki impian serta memiliki usaha dan sukses. Namun apabila hanya memikirkan kesenangan dan ambisi pribadi, maka usaha bisa saja hancur dan putus asa ditengah jalan. Dalam membangun usaha dengan impian dengan tujuan untuk membahagiakan keluarga, sehingga ketika

mengalami suatu kegagalan akan terus termotivasi untuk bangkit dan sukses," pungkasnya. Serta tak melupakan ketika menjadi seorang pengusaha, maka harus banyak bergaul dengan pengusaha lainnya yang lebih dahulu meraih kesuksesan.

KESIMPULAN
Sedikit rangkuman dari 7 kisah sukses para pengusaha muda diatas
  1. Tak perlu takut untuk memulai bisnis apapun itu selagi masih muda karena hal itu dapat melatih para calon pengusaha untuk menggapai mimpinya serta mencar formula tepat untuk mengatasi suatu kegagalan. Dari ke 7 pemuda tersebut menjadi bukti bahwa kesuksesan bisa dicapai walaupun masih dalam usia yang muda.
  2.  Memulai usaha mandiri secara finansial tak perlu takut dan tetap berdiri dengan pijakan sendiri serta bertanggung jawab atas diri kita sendiri, tak perlu harus bergantung pada orang lain.
  3. Untuk memulai berbisnis segala resiko apapun itu sudah selayaknya dihadapi, dengan adanya resiko justru akan mengantarkan pada kesuksesan, dengan siap menghadapi semua tantangan dan problematika masalah dalam bisnis.
  4. Menjalin silaturahim dengan para pengusaha lainnya akan memeperat persaudaraan dikalangan pengusaha, selain itu dampak positifnya adalah semakin luasnya relasi yang kemungkinan bisa menjadi rekanan bisnis atau menjadi mentor dalam menjalankan roda bisnisnya menuju ke arah yang lebih baik lagi.
  5.  Dalam membangun bisnis harus dengan visi dan misi yang jelas, hal itu berguna dalam menentukan arah bisnis akan seperti apa nantinya dalam waktu 1 tahun, 2 tahun dan tahun-tahun kedepannya dalam ketatnya persaingan bisnis saat ini.
  6. Untuk memulai sesuatu yang besar pasti dimulai dari hal yang kecil, maka dari itu tak perlu gengsi untuk memulai hal-hal yang dipandang remeh sekalipun, disitu akan menemukan kepuasan tersendiri dalam menjalaninya.
  7. Kejadian yang tak diharapkan dalam menjalankan bisnis mungkin bukan menjadi hal yang mustahil, para pebisnis pasti pernah mengalami jatuh bangun dan kegagalan dalam proses mengembangkan bisnisnya, namun dari kegagalan dan kesalahan yang pernah dialami dapat dijadikan pembelajaran untuk tidak terperangkap dalam situasi yang sama.
Demikianlah paparan 7 kisah sukses pengusaha muda dalam mejalankan bisnisnya yang penuh prestasi dari Indonesia yang layak dijadikan sumber inspirasi yang digali dari berbagai sumber.

referensi kaskus

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Judul: 7 KISAH SUKSES MENJADI PENGUSAHA MUDA PENUH PRESTASI SUMBER INSPIRASI ; Ditulis oleh Unknown; Rating Blog: 5 dari 5

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel