5 ORANG TERKAYA DI DUNIA YANG SUKSES WALAU TIDAK LULUS KULIAH

5-orang-kaya-dan-sukses-yang-tak-lulus-kuliah
Pendidikan mutlak adanya bahkan harus dicapai setinggi-tingginya sebab hal itu sangatlah berpengaruh dalam kehidupan, Sumber daya manusia yang dampaknya siginifikan dalam kemajuan maupun kemunduran suatu bangsa. Namun yang sangat disayangkan adalah tidak sedikit yang tak pernah mampu menggapai semua mimpinya dalam dunia pendidikan bahkan harus rela menguburnya lebih dalam karena keadaan.

Mencapai suatu kesuksesan semua kembali kepada pribadi itu sendiri dalam mengejar suatu mimpinya walaupun pendidikan yang diimpikan tidak pernah dicapainya. Sudah bukan rahasia umum lagi jika gelar sarjana atau master bukanlah penentu sebuah keberhasilan dari seorang mahasiswa. Kita tahu untuk sebagian orang berpendapat bahwa pendidikan itu menjadi syarat yang mutlak, tetapi sebagian lagi berfikir bahwa gelar sarjana bukan merupakan hal yang terlalu penting. Tetapi semuanya kembali kepada persepsi masing-masing orang dalam memandang seberapa pentingnya kuliah.

Menilik beberapa orang yang sukses walau tidak lulus dari bangku kuliah tetapi berhasil menjadi seorang miliarder, semua yang mereka capai saat ini pun tak lepas dari perjuangannya serta ketekunannya dalam mengejar mimpi-mimpinya. Bukan berarti mengecilkan yang mengejar pendidikan hingga kuliah, tetapi layak untuk dijadikan acuan mereka yang tak lulus kuliahpun mampu untuk meraih mimpinya, dan bagi yang telah berhasil menyelsaikan pendidikannya pun harus bisa dan mampu seperti mereka menggapai mimpi.

Adapun 5 orang terkaya yang sukses walaupun tidak lulus kuliah dari universitas diantaranya adalah :

1. Bill Gates
Siapa yang tidak menggunakan OS windows dikomputer atau laptopnya maka patut untuk berterima kasih pada sosok Bill Gates, karena dialah OS windows menjadi setenar seperti saat ini. Sosok Bill Gates adalah mahasiswa drop out yang paling populer kisah hidupnya. Bill Gates rela drop out dari Universitas Harvard hanya untuk mengejar mimpinya mendirikan perusahaan software. Dia bersama teman kuliahnya, Paul Allen, mendirikan sebuah perusahaan Microsoft yang saat ini menjelma menjadi raksasa perusahaan software terbesar bahkan terkaya di dunia. Walaupun dia mahasiswa drop out, Bill Gates dikenal sebagai sosok yang jenius. Bahkan dia memiliki passion yang luarbiasa pada bidang teknologi, terutama komputer dan pemrograman.

Sebelum memutuskan untuk drop out dari Harvard, Bill Gates memberanikan diri untuk meminta ijin pada orang tuanya untuk berhenti kuliah. Meskipun pada mulanya kedua orang tuanya merasa shock sebab putra mereka keluar dari universitas terbaik di dunia, Tetapi akhirnya kedua orang tua Bill Gates tetap memberikan dukungan atas keputusannya. Semua itu dilihat dari kegigihan dan kerja keras Bill Gates pada bidang yang di sukai.

Meski dalam kurun waktu 2 tahun terakhir Bill Gates sudah tidak lagi menjadi orang terkaya di dunia versi Majalah Forbes. Namun dia tetap dinilai dalam jajaran orang paling kaya serta berpengaruh di planet bumi ini. Bill Gates juga merupakan sosok yang dermawan rela menyumbangkan sebagian kekayaannya untuk kepentingan sosial. Tercatat dia telah mendonasikan miliaran dolar dari pribadinya dalam berbagai bidang kehidupan, seperti kesehatan, pendidikan dan teknologi. Semua donasi itu ia salurkan melalui yayasan yang ia dirikan bersama istrinya yaitu Bill & Melinda Gates Foundation.

2. Mark Zuckerberg
Facebook memang sudah familiar ditelinga kita saat ini, sosial media yang penggunanya tersebar dipenjuru dunia (baca menguak kisah hidup Mark Zuckerberg menjadi orang terkaya didunia dalam usia muda). Sama halnya dengan Bill Gates Mark merupakan sosok yang cerdas tetapi tidak berhasil menyelsaikan pendidikannya di bangku kuliah dikampus yang sama yakni Harvard University.

Kisah hidup Mark Zuckerberg dengan kesuksesan Facebook berimbas pada sineas filem Hollywood terpikat untuk memfilemkan kisah hidup Mark Zuckerberg tentang awal mula berdirinya Facebook. Adapun filem tersebut sukses dibuat dengan judul “The Social Network” sebuah filem yang inspiratif.

Mark mendirikan Facebook bersama teman-temannya di Harvard Dustin Moskovitz, Chris Hughes, dan Eduardo Saverin. Untuk menekunni serta menangani dengan serius Facebook, Mark pun memutuskan untuk drop out dari kampus tempat dia menuntut ilmu. Pria yang pernah kuliah di jurusan Prikologi dan Ilmu Komputer ini hingga kemudian dinobatkan sebagai manusia termuda yang mencapai penghasilan $1 Miliar dolar. Berka kejeniusannya dalam progrramming membuatnya meraih penghargaan “Programming Prodigy”.

3. Steve Jobs
Pria yang telah wafat pada tahun 2011 ini tetap mampu menginspirasi jutaan orang walaupun sudah tiada. Steve Jobs merupakan pendiri Apple, salah satu perusahaan terbesar di dunia dengan berbagai macam produk teknologi yang terkenal dengan kehandalannya Apple pun merupakan perusahaan paling inovatif di dunia. Steve Jobs drop out dari kampus Reed College padahal dia baru kuliah 1 semester. dalam usia 20 tahun, ia mendirikan Apple bersama sahabat masa kecilnya, Steve Wozniak. Selain menjadi CEO Apple, Steve Jobs juga mendirikan perusahaan teknologi lainnya seperti Pixar dan NeXT.

Steve Jobs menjadi sosok yang sangat berpengaruh dalam dunia teknologi bahkan bisa dikatakan sebagai penemu terhebat yang pernah ada di abad 21. Steve Jobs dikenal dengan sifatnya yang keras, bergaya diktator, dengan kiat-kiat tersendiri dalam membangun kesuksesannya serta sangat mementingkan desain bagi produk-produknya. Baginya suatu desain yang baik akan sama pentingnya dengan teknologi canggih. Karya dan produk Apple selalu dimaksudkan untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya dalam menyelesaikan pekerjaan dengan sempurna.

4. Michael Dell
Michael Dell adalah pemilik serta pendiri perusahaan komputer terkenal Dell,Inc. Dia drop out dari Universitas Texas, hal itu tak membuatnya surut semangat bahkan patah arang namun bisa membuktikan  Drop out dari kampus dia tetap bisa menggapai kesuksesan. Bahkan ia terapkan ilmu yang kala itu masih sedikit orang yang paham: komputer dan pemrograman. Pada mulanya Dell hanya membuat produk hanya kalkulator. Dengan fungsi dan memeberikan solusi menghitung cepat dalam penghitungan keuangan dan angka. Seiring dengan berjalannya waktu, Dell pun melakukan ekspansi dunia komputer dan memulai memproduksi komputer personal. Saat ini Produk Dell banyak digunakan di perusahaan besar dunia. Ditengah serbuan tablet dan smartphone produk Dell tetap teratas dengan kualitas serta menawarkan fungsionalitas yang hampir serupa dengan produk tablet dan smartphone yakni dengan mobilitas yang tinggi, Dell pun tetap menjadi salah satu perusahaan terkaya di dunia.

5. Lawrence Ellison
Lawrence Ellison yang akrab disapa Larry ini layaknya seperti sosok Iron Man di dunia nyata. Dia menjadi salah satu mahasiswa drop out dari University of Illinois dan Universiy of Chicago ini merupakan pendiri perusahaan software paling berpengaruh di dunia, terutama dalam bidang militer, yakni Oracle. Selain Oracle, dia juga mendirikan Entreprise Software.
Lawrence Ellison memutuskan untuk drop out dari universitas setelah ibu angkatnya meninggal dunia. Hingga kemudian setelah kejadian tersebut dia memutuskan untuk berkuliah lagi di University of Chicago. Namun semua tidak berlangsung lama dia kembali drop out dari tempatnya kuliah. Dalam usia 22 tahun, ia pindah ke California tepatnya di Silicon Valley, tempat para pelopor dan jagoan teknologi mengadu nasib. Tetapi saat ini dia sudah sukses menjadi salah satu jutawan terkemuka didunia bahkan masuk dalam daftar 10 orang terkaya di dunia dengan pendapatan ditaksir sebesar $27 milyar dollar atau setara 510 trilyun menurut majalan Forbes.

Dari paparan diatas kisah dari orang-orang yang sukses yang menakjubkan walaupun tidak lulus dalam kuliahnya namun bisa menggapai suatu kesuksesan, ditarik kesimpulan bahwa kesuksesan adalah bukan hanya milik mereka saja namun siapapun bisa meraihnya dengan passion yang tepat serta kesungguhan dalam meraihnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel