STRATEGI DALAM PENJUALAN

Menjual dan menjual siapapun bisa menjual apa saja dan siapa saja ( dengan catatan bukan menjual hal-hal yang dilarang oleh hukum serta kepatutan didalam bermasyarakat dan bernegara ) dalam hal perlu dilakukan langkah-langkah yang cukup atraktif dalam mendongkrak penjualan. Adapun strategi yang diambil dari salah satu tulisan dari account twitter dengan id @EntrepreneursID berikut ini langkah-langkah yang bisa menjadi referensi dalam meningkatkan penjualan antara lain :


  1. Buat perencanaan penjualan yang tepat yaitu periode, strategi apa yang akan digunakan, serta media apa yang akan dipakai dalam mepromosikannya. 

  2. Tentukan target yang ingin dicapai, buat dalam target harian, mingguan, atau bulanan, serta lakukan monitoring dalam menentukan hasil dan kesimpulannya.

  3. Sebelum melakukan penjualan, mulai dari produk berkualitas, lakukan strategi merk & prepare tim sales/ marketing yang sudah ditraining untuk mengambil langkah-langkah yang tepat pada sasaran.

  4. Kaji kebutuhan target market kita, shingga kita bisa mberikan produk yang tepat sehingga  strategi yang digunakan bisa lebih maksimal maka hasilnya akan lebih memuaskan.

  5. Gunakan media offline dan online sebagai sarana media komunikasi serta informasi dalam mengkomunikasikan ataupun tambahan informasi produk yang diperkenalkan dalam proses penjualannya.

  6. Buatlah produk yang value for money. Harga sesuai dengan kualitas yang akan diperoleh konsumen, sehingga pembeli produk tersebut tidak merasa dirugikan bahkan sebaliknya menjadi konsumen yang paling beruntung dunia.

  7. Lakukan pricing mix atau strategi harga, misal diskon, harga khusus dan bonus-bonus dengan periode tertentu, sedikit sentuhan kalimat diskon dan tambahan bonus cukup menggelitik keinginan pembeli untuk bisa memiliki barang yang ditawarkan.

  8. Buatlah paket-paket produk, misal bundling, paket bonus / paket saat event spesial untuk meningkatkan omzet.

  9. Pilihlah lokasi yang strategis dan tepat sasaran dalam penjualannya, dimana cukup banyak orang berkumpul, misal kampus, kantor, mall.

  10. Lakukan promosi yang terencana, semisal dengan sosial media, spanduk, brosur, sponsorship dll.
Demikian uraian-uraian singkat sebagai acuan dalam usaha meningkatkan omzet yang signifikan dan menjadi bahan referensi untuk siapapun yang membutuhkan strategi dalam penjualan. 
 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel