MENJADI PENDENGAR YANG BAIK

Siapapun bisa mengeluh tapi tidak semua orang akan mendengarkan sebuah keluhan yang sesuai dengan harapan, tetapi  kritikers paling kejam sekalipun akan mendadak menjadi lembut dan lunak didepan pendengar yang sabar dan simpatik, ( Dale Carnegie ).

Mendengar memang mudah tapi  mendengarkan tidaklah mudah, siapapun bisa mendengar dan untuk menjadi seorang pendengar tidaklah sembarangan dalam menyikapinya diperlukan perhatian khusus guna menjadi pendengar yang bisa diterima, dibutuhkan kesabaran serta ketekunan. Maka dari itu tidak semua orang bisa menjadi seorang pendengar.

Begitupun sebaliknya apa yang anda lakukan harus bisa mengendalikan egoisme yang cuma ingin didengarkan tak memberikan ruang sedikitpun kesempatan kepada orang lain untuk berbicara dan mendengar, latihlah diri dengan kesabaran dan ketekukan agar  merasa bahwa orang lain itu lebih penting dari kita.

Sebagai contoh perbuatan yang secara signifikan yang merugikan, Jangan pernah mendengarkan  siapapun dalam waktu yang lama. Bicara terus menerus tentang diri anda, tak kala memiliki ide anda langsung menyela pembicaraan tanpa memperhatikan etika dalam berkomunikasi. Jika melakukan hal tersebut sercara terus-menerus maka lambat laun anda akan dijauhi, ditertawakan  dan direndahkan oleh orang-orang disekitar anda hal itu bisa menjadi bumerang yang mematikan.

Cobalah anda pikirkan betapa membosankannya seseorang yang hobby mengeluh dan mengkritik, mengapa? Karena mereka hanya fokus pada dirinya sendiri dan dimabukan oleh kepentingan pribadinya. Hal ini membuat mereka kurang disukai oleh banyak orang tetapi  ada satu hal yang menyenangkan bagi mereka adalah disaat semua menjauh tapi ada seseorang  rela untuk mendengarkan. Manusia sebagai mahluk sosial sudah sewajarnya untuk bergaul serta berkomunikasi dengan orang lain dalam hal ini mendengarkanpun termasuk didalamnya.

Dalam mendengarkan tidak diperlukan energi khusus dan tak perlu membuang-buang waktu dengan membalas keluhan atau kejengkelan-kejengkelan pribadi. Seperti hukum tarik-menarik , jika anda ingin orang lain tertarik kepada anda maka dengarkanlah mereka, itu sebuah tanda bahwa mereka itu penting bagi anda maka hasilnya orang lain pun akan tertarik serta menganggap penting diri anda karena kesabaran dan ketekunan anda dalam mendengarkannya.

Dengan melakukan demikian maka hal ini menjadi sebuah pilihan yang tepat dan bijak, segeralah tentukan menjadi pribadi yang menyenangkan baik menjadi pendengar yang baik atau hanya menjadi pribadi yang cuma ingin terus didengarkan.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel