MURAHNYA TRANSPORTASI DI JERMAN YANG MEMANJAKAN PENGGUNANYA

tranportasi jerman murah, nyaman, dan aman
Kemacetan adalah momok yang menakutkan bagi kota-kota besar manapun, tidak sedikit waktu yang tersita akibat dampak dari kemacetan tersebut, hal itu disebabkan oleh transportasi yang tidak tertata rapi atau lebih tepat disebut semrawut hal demikian itu tidak jauh dari potret negeri tercinta ini.

Sementara itu salah satu negeri yang memiliki transportasi umum yang memanjakan para penggunanya salah satunya Jerman. Sebagai negara dengan luas 357,021 km berpopulasi padat penduduk di tengah benua Eropa ditambah ekonomi yang maju, Jerman mempunyai infrastruktur yang modern dan saling terhubung, dengan beberapa nama istilah transportasi di jerman.

Hampir semua tak terbayangkan pada dunia transportasi di Indonesia itu bisa menjadi mimpi yang menjadi kenyataan di Jerman. Tak pelak sebagai warga negara Indonesia pasti akan merasa iri kapan mimpi transportasi yang bebas macet, murah, nyaman dan aman menjadi kenyataan.

Transportasi di jerman memiliki sistem yang tertata rapi, aman dan nyaman. Demikian juga dengan pelayanannya, dari segi penjualan tiket maupun penjadwalannya semuanya tepat waktu dan informatif. di Jerman Kereta api menjadi sarana transportasi darat yang paling dominan Pengelolaanya langsung ditangani oleh pemerintah melalui Deutsche Bahn ( DB ), sejak tahun 1994 perusahaan tersebut bertanggung jawab penuh dalam penjadwalan, penjualan tiket, dan pengoprasian kereta.

Sementara itu ada tiga devisi dalam DB yakni DB Fernverkehr, DB Regio dan DB Stadtverkehr.

1. DB Fernverkehr
Adalah devisi semi independen yang mengoprasikan kereta penumpang jarak jauh, Intercity-Express ( ICE ) dan Intercity ( IC ) di jerman serta beberapa kereta EuroCity ( EC ) diseluruh eropa.

2. DB Regio
DB Regio adalah devisi yang mengoprasikan layanan kereta api penumpang dengan wewenang pengoprasiannya hanya kereta penumpang jarak pendek dan menengah yang biasa di sebut regionalbahn ( kereta api regional disingkat RB ).

3. DB Stadtverkehr
Sementara itu devisi yang ketiga yakni DB Stadtverkehr yaitu devisi yang bertanggung jawab untuk melayani transportasi dalam kota seperti S-Bahn ( kereta api cepat dalam kota ) dan bus.

Jerman dengan 13 negara bagian memiliki kebijakan yang serupa dalam hal transportasi. salah satu contohnya adalah negara bagian Nedersachsen ( Lower Saxony ). Penumpang yang memegang Nedersachsen Ticket dapat memakai semua jenis transportasi di jerman dari kereta api regional, trem, kereta bawah tanah, hingga seluruh bis dinegara bagian, dimulai pukul 09:00-03:00.

Sayangnya tiket tersebut tidak  berlaku untuk kereta cepat jarak jauh seperti ICE dan IC. Selain itu DB juga menyediakan tiket altenatif dengan nama Quer ducrchs land ticket, dengan tiket tersebut bisa dipergunakan untuk naik kereta api regional diseluruh wilayah jerman seharian penuh dimulai hari senin hingga jum'at, tiket tersebutpun laris manis karena harganya yang menghemat isi kantong karena harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan menggunakan tiket sekali perjalanan.

Saat berakhir pekan tersedia pula tiket dengan nama Schones Wochenende Ticket harganyapun jauh lebih murah dibandingkan harga Quer durchs land ticket, sementara itu bagi para mahasiswa tersedia tiket semester ticket, yakni tiket yang dibayarkan persemester yang bisa digunakan dinegara bagian mahasiswa tersebut diam harus membeli tiket lagi dan berlaku selama 6 bulan tanpa.

Kunci utama keberhasilan transportasi dijerman yang berhasil memanjakan para penumpang dan calon penumpang adalah strategi pelayanan sebaik mungkin, jadwal yang tepat waktu dan mudah diakses melalui internet, papan pengumuman dan mesin tiket otomatis.

Apabila terjadi perubahan jadwal, langsung dikabarkan melalui papan pengumuman dan online. Tiket-tiket bisa didapatkan melalui loket penjualan, mesin tiket otomatis bahkan pembelian online. Untuk pembayaran bisa kontan dan electronic card.

Demi jaminan keamanan transportasi di jerman setiap sudut kereta api dan bus dilengkapi dengan camera CCTV guna membantu aparat keamanan untuk mendeteksi dengan cepat dalam menindak tindakan kriminal.

Sungguh luar biasa transportasi jerman yang betul-betul memanjakan para pengguna dan calon penggunanya dalam merasa nyaman, aman serta dengan biaya yang murah. Lantas kapan transportasi yang demikian itu berada di negeri tercinta ini, biarkan waktu yang akan menjawab.

Berbagai sumber

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel