ISTILAH-ISTILAH TRANSPORTASI JERMAN

mesin tiket otomatis jerman
Setelah mengupas transportasi di jerman yang memanjakan penggunanya maka untuk menambah wawasan dan pengetahuan, patut kita ketahui beberapa istilah transportasi di jerman antra lain :

1. INTERCITY EXPRESS ( ICE )
Kereta api berkecepatan tinggi hingga 300 km perjam, yang beroprasi di jerman dan negara sekitarnya serta hanya berhenti distasiun-stasiun besar saja.

2. EUROCITY ( EC )
Kereta internasional antar kota-kota besar di Eropa, dengan kecepatan 90-100 km perjam.

3. INTERCITY ( IC )
Kereta api tercepat kedua di jerman setelah ICE. Beroprasi dari kota ke kota di seluruh wilayah Jerman, dengan kecepatan rata-rata 200 km perjam.

4. REGIONALBAHN.
Kereta api litas kota yang beroprasi dengan jarak tempuh pendek serta berhenti di tiap stasiun-stasiun dijerman, dengan kecepatan kurang lebih 160 km perjam.

5. STADTSCHNELLBAHN
Kereta api dalam kota dengan jarak tempuh yang mirip dengan regionalbahn, tetapi cuma beroprasi dalam kota dan daerah sekitar kota. Misalnya kota Munchen dan sekitarnya, dan hanya terdapat pada kota-kota besar saja.

6. STRASSENBAHN ATAU TREM
Kereta listrik dalam kota dan dikelola oleh perusahaan transportasi kota. Tetapi masalah jadwal tetap berkoordiasi dengan Deutsche Bahn ( DB )

7. U-BAHN
Kereta api bawah tanah yang hanya terdapat pada kota-kota besar seperti Munchen, Hamburg, Berlin dan Frankfurt.  U-Bahn hanya beroprasi dalam kota dan daerah sekitar kota.

8. QUER DURCHS LAN TICKET
Dengan tiket ini seluruh penumpang dapat bepergian seharian penuh keseluruh negara bagian. Penumpang juga boleh menggunakan seluruh alat transportasi keciali kereta cepat ICE dan IC. Tarif tiket tersebut 42 euro ( kurang lebih Rp. 480.000 ) untuk satu penumpang. Tiket hanya dijual dan dipakai setiap hari senin-jum'at.

9. SCHONES WOCHENENDE TICKET
Ketentuannya sama dengan Quer durchs land ticket. Yang membedakan adalah tiket tersebut hanya dijual dan berlaku dan bisa dipakai pada hari sabtu dan minggu sementara itu harganya 39 uero ( sekitar Rp. 450.000 ) dan penggunaannya untuk lima penumpang. Artinya satu penumpang hanya membayarkan kurang lebih Rp. 90.000 untuk bisa berkeliling Jerman seharian penuh. Tiket tersebut berlaku dibeberapa kota negara yang berbatasan dengan Jerman, contohnya : Salzburg ( Austria ), Padborg ( Denmark ), Bassel ( Swiss ), Enschede ( Belanda ) dan Stettin ( Polandia )

Dengan paparan diatas yakni istilah-istilah transportasi Jerman dengan harapan berbagi informasi semoga menjadi manfaat bagi siapapun yang membacanya, yang disadur dari berbagai sumber.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel