18 TIPS AMPUH CARA UNTUK MENINGKATKAN IQ

18 tips ambuh cara untuk meningkatkan iq
Sebelum mengulias tips ampuh cara untuk meningkatkan IQ patut kita pahami apakah yang dimaksud IQ (intelligence quotient) disadur dari Wikipedia.com Kecerdasan intelektual (bahasa Inggris: intelligence quotient, disingkat IQ) adalah istilah umum yang digunakan untuk menjelaskan sifat pikiran yang mencakup sejumlah kemampuan, seperti kemampuan menalar, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir abstrak, memahami gagasan, menggunakan bahasa, dan belajar. Kecerdasan erat kaitannya dengan kemampuan kognitif yang dimiliki oleh individu. Kecerdasan dapat diukur dengan menggunakan alat psikometri yang biasa disebut sebagai tes IQ. Ada juga pendapat yang menyatakan bahwa IQ merupakan usia mental yang dimiliki manusia berdasarkan perbandingan usia kronologis.

Sementara itu ada beberapa faktor yang mempengaruhi kecerdasan intelektual seseorang diantaranya :
• Faktor bawaan atau biologis
• Faktor pembentukan atau lingkungan
• Faktor kematangan
• Faktor kebebasan

Adapun 18 Tips Ampuh Yakni cara untuk meningkatkan IQ anda antara lain :

1. Tarik Nafas Dalam-dalam Melalui Hidung.

Melalui cara bernafas menggunakan hidung anda dapat meningkatkan fungsi otak anda dengan cepat dan lebih baik tentunya. Menghela atau menarik nafas dalam-dalam melali hidung akan memberikan asupan oksigen jauh lebih banyak pada darah anda, dan tentunya juga pada otak anda. Sementara itu tingkat oksigen yang rendah pada darah anda justru akan mengurangi fungsi dari otak itu sendiri. Maka dari itu tidak ada salahnya anda untuk mencoba melakukan olahraga pernafasan.

2. Segera Buat Jurnal.

Menurut Catharine M. Cox, yakni seorang penulis buku, pernah mempelajari beberapa kebiasaan dari 300 orang jenius – seperti Isaac Newton, Einstein, dan Thomas Jefferson – sehingga kemudian menemukan bahwa semua orang jenius tersebut merupakan seorang penulis jurnal atau buku harian yang cukup rajin. Perlu diketahui bahwa Thomas Edison telah menulis 3 juta halaman catatan, surat, dan pemikiran pribadinya dalam ratusan jurnal pribadi selama hidupnya.

3. Perbanyak Belajar.

Pada saat kita mempelajari sesuatu hal-hal yang baru, kita menciptakan bagian aliran arus syaraf yang baru pada otak kita. Orang yang “pintar” adalah seseorang yang memiliki aliran arus syaraf yang lebih banyak daripada orang lain. Otak manusia akan selalu menciptakan aliran arus syaraf apabila terus mempelajari hal-hal baru; jika semakin beraneka ragamnya hal yang dipelajari, maka efeknya adalah semakin “pintar” pula otak kita.

4. Cobalah Untuk Belajar Membaca Cepat.

Melalui Photo Reading adalah merupakan teknik yang sangat mudah untuk dipelajari yang dapat membantu anda dalam memproses informasi tertulis dalam jumlah yang besar lebih cepat, serta membantu anda mengingat informasi tersebut dengan lebih baik dibandingkan dengan menggunakan metode tradisional yang diajarkan di sekolah.

Walaupun kebanyakan menggunakan teknik membaca cepat mengajarkan anda yakni cara untuk menggerakkan mata anda dengan lebih cepat dalam setiap halaman yang anda baca, Menggunakan Photo Reading merupakan sistem membaca yang mengajarkan pada anda untuk menggunakan pikiran sadar dan bawah sadar anda pada saat membaca. Pada intiya, melalui Photo Reading dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa bahan bacaan yang mudah untuk dibaca serta menerapkan beberapa teknik yang berbeda disetiap waktunya. Bahan pertama yang melibatkan pikiran sadar anda dan menggunakan metode lain untuk mendongkrak daya ingat anda serta dapat memahami materi dengan baik.

5. Mengambil Waktu Singkat untuk Beristirahat Secara Berkala.

Cobalah untuk Belajar selama 20 menit, selanjutnya ambil waktu untuk beristirahat secara singkat. Metode ini cukup efektif karena beberapa hal yang anda pelajari pada awal dan akhir pada sesi belajar anda akan bertahan lebih lama dalam ingatan anda. Anda bisa mengunduhnya di internet program pengingat sehingga setiap 20 menit akan muncul pesan pada komputer anda yang mengingatkan anda untuk lekas beristirahat.

6. Pergunakan Akronim dalam Mengingat Informasi.

Akronim sendiri merupakan bentuk singkatan yang dibentuk dari huruf awal dari setiap kata. Menggunakan Metode ingatan ini akan cukup membantu anda dalam mempelajari informasi dalam jumlah besar serta hanya dalam waktu yang singkat. Sebagai contoh, “Every Good Boy Does Fine” merupakan akronim yang selalu dipergunakan para musisi dalam mengingat nada dalam kunci tertentu.

7. Biasakan Untuk Sarapan Pagi.

Selalu sarapan sudah terbukti dapat meningkatkan daya konsentrasi, kemampuan memecahkan masalah, kinerja mental, daya ingat, dan mood. Sarapan merupakan kesempatan pertama bagi tubuh untuk mengisi ulang level glukosa setelah periode 8 hingga 12 jam tanpa adanya makanan. Sedangkan Glukosa merupakan sumber utama energi penting bagi tubuh anda.

8. Menggunakan Bagian Tubuh Untuk Membantu Anda Mempelajari Sesuatu.

Melalui gerakan tubuh merupakan proses kunci dalam perkembangan dan proses belajar. Brain Gym (Olahraga Otak) merupakan program olahraga yang cukup sederhana, yang sudah dikembangkan selama 25 tahun oleh para spesialis pendidikan, Dr. Paul Dennison. Brain Gym dapat membantu anda dalam berberapa hal sebagai berikut:
– Pemahaman
– Konsentrasi
– Berpikir secara abstrak
– Daya ingat
– Keletihan mental
– Kemampuan menyelesaikan tugas
– Keseimbangan fisik dan koordinasi

9. Melalui Meditasi.

Neuropsychologist menyebutkan bahwa melalui meditasi dapat mengubah struktur otak anda. Hasil scan MRI dari para meditator menunjukkan kegiatan otak jauh lebih banyak dalam sirkuit otak anda khususnya dalam memperhatikan sesuatu. Ketika suara-suara mengganggu diperdengarkan pada para meditator yang sedang melalui Scan MRI, suara-suara tersebut hanya memiliki pengaruh kecil pada area dalam otak mereka yang melibatkan emosi serta proses pengambilan keputusan dibandingkan dengan orang-orang yang tidak pernah sama sekali bermeditasi atau meditator yang kurang memiliki pengalaman.

10. Kurangi Makanan Mengandung Karbohidrat.

Memakan karbohidrat dalam bentuk apapun – seperti pasta, roti putih dan keripik kentang – dapat membuat anda merasa lelah dan malas. Karena efek dari memakan makanan ini akan membuat anda sulit berpikir jernih. Hal ini merupakan hasil dari insulin yang mengalir pada darah anda untuk menangkal kadar gula yang terlalu tinggi.

11. Mengolah Kecerdasan Emosional (EI) Anda.

Sudah bertahun-tahun publik memberikan penekanan pada aspek kecerdasan, seperti kemampuan untuk berpikir logis, matematis, pemahaman ruang, analogi, verbal, dan lain-lain. Tetapi, selama beberapa tahun terakhir dewasa ini, tidak sedikit orang merasa mereka membuang potensi yang mereka miliki dengan berpikir, bersikap, dan berkomunikasi dalam cara-cara yang menghambat peluang mereka meraih kesuksesan. Kecerdasan emosi diakui memiliki kemampuan meta fisik yang memungkinkan anda untuk memanfaatkan kemampuan serta bakat yang dimiliki secara optimal. Maka seringlah untuk mengolah kecerdasan anda dengan berlatih hal-hal baru.

12. Manfaatkan Setiap Waktu Anda Dengan Optimal.

Manfaatkan setiap waktu secara optimal, contohnya adalah pada saat anda menggunakan transportasi publik atau mengantri, secara produktif. Selesaikan teka-teki silang atau Sudoku ketika menunggu di antrian serta medengarkan program audio ketika menggunakan transportasi publik tersebut. Sehingga tidak ada waktu yang terbuang sia-sia

13. Berjogging.

Seorang pakar menerangkan bahwa anda dapat meningkatkan mood, mencegah hilang ingatan, mempertajam kecerdasan, dan bekerja dengan lebih baik lagi hanya karena dengan mengolah detak jantung anda dan berkeringat. Bukti ilmiah menunjukkan bahwa melalui olahraga aerobic membentuk kembali otak kita untuk mencapai kinerja optimal, atau berolahraga rutin lari, bersepeda dan lain sebagainya.

14. Latihlah Semua Indra Anda.

Para ilmuwan telah menemukan bahwa otak manusia belajar paling efektif adalah melalui kegiatan-kegiatan yang melibatkan berberapa indra. Anak-anak dan orang dewasa belajar sangat baik ketika mereka belajar melalui kegiatan yang melibatkan penglihatan, suara, emosi, timbal balik, orientasi ruang, dan bahkan melalui indra pengecap dan perasa.

Mike Adams, yakni seorang penulis buku, menuliskan dalam bukunya bahwa seorang anak yang diberikan definisi “tanpa bobot” secara verbal memperoleh informasi mengenai kata tersebut melalui 1 dimensi: pendengaran. Apabila anda menunjukkan kepada seorang anak film mengenai seorang astronot yang mengapung di luar angkasa ketika anda mengucapkan kata “tanpa bobot”, anda memberikan informasi kata tersebut melalui 2 dimensi; dimana si anak melihat dan mendengar kata tersebut. Dan jika anda menyuruh si anak melompat-lompat menggunakan trampoline dan meneriakkan kata “tanpa bobot” ketika si anak berada di udara, pengertian kata tersebut akan semakin tertanam lebih dalam di otaknya.

15. Melatih Gelombang Otak Alpha Anda.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa kondisi ideal untuk belajar adalah ketika otak sedang dalam kondisi santai, namun tetap fokus dan terjaga. Dalam keadaan tersebut gelombang otak berjalan sekitar 8 hingga 12 siklus per detik, yang dikenal dengan istilah kondisi alpha. Maka pergunakan waktu tersebut sebaik mungkin serta ciptakan suasana tersebut dengan tepat, latihan rutin akan membuat suatu kebiasaan itu tanpa sadar terus melatih gelombang alpha.

16. Mengkonsumsi Antioksidan.

Antioksidan dapat melindungi sel-sel tubuh anda, termasuk sel otak anda. Beberapa makanan dengan kandungan antioksidan tinggi antara lain: kismis, bluberry, blackberry, bawang putih, cranberry, strawberry, bayam, dan raspberry. Maka tidak ada salahnya untuk mencoba bagi anda yang tak menyukai makanan tersebut karena demi meningkatkan kecerdasan IQ anda.

17. Pergunakan Intuisi Anda.

Belajarlah menggunakan intuisi menjadi sebuah proses untuk mengumpulkan informasi. Dengan mengandalkan intuisi anda, anda dapat memperluas kewaspadaan serta mengarahkan anda pada alam bawah sadar anda untuk dapat mengumpulkan informasi dari lingkungan sekitar.

18. Menggunakan Sistem Pembantu Memori.

Sistem pembantu memori, atau lebih dikenal dengan istilah system objek angka, merupakan teknik untuk mengingat daftar. System ini bekerja dengan mengingat-ingat daftar kata yang dengan mudah dapat “dikaitkan” dengan angka yang diwakili oleh kata-kata tersebut. (1-10, 1-100, dan seterusnya). Itulah memori anda. Jika anda harus mengingat sebuah daftar dalam waktu singkat, setiap benda dalam daftar tersebut dapat anda sesuaikan dengan angka yang cocok. Setelah anda mengingat-ingat angka-angka tersebut, anda bisa menggunakan angka yang sama berulang kali setiap kali anda perlu mengingat-ingat sesuatu.

Pada saat anda harus menghafalkan hal-hal yang berada dalam daftar, visualisasikan benda tersebut dengan angka yang anda miliki. Anda bisa memilih kata-kata yang memiliki rima yang sama dengan angka tersebut, berikut contoh yang diambil dari Wikipedia:

• 1-gun
• 2-zoo
• 3-tree
• 4-door
• 5-hive
• 6-bricks
• 7-heaven
• 8-plate
• 9-wine
• 10-hen

Untuk contoh, jika anda menghafalkan 10 benda yang hendak anda beli di toko obat: kapas (cotton ball), pasta gigi (toothpaste), permen karet (gum), kertas (paper), lem (glue), kartu index (index cards), multivitamin (multivitamins), krim tangan (hand cream), shampoo, dan kutek (nail polish). Lakukan hal berikut:
1. Bayangkan kapas (cotton balls) ditembakkan dari pistol (gun)
2. Bayangkan seekor gorila di kebun binatang (zoo) sedang menggosok giginya
3. Bayangkan sebuah pohon (a tree) dengan sebungkus permen karet (gum) tumbuh pada cabangnya
4. Bayangkan seseorang masuk melalui pintu kertas (paper door)
5. Bayangkan se-toples lem (glue) dikeliling lebah seakan-akan toples tersebut adalah sarang lebah (beehive)
6. Bayangkan sebuah rumah terbuat dari bata (bricks) kartu index (index cards)
7. Bayangkan malaikat (angels) sedang minum multivitamin.
8. Bayangkan sebuah piring (a plate full) berisi krim tangan (hand cream)
9. Bayangkan sebuah gelas wine (a wine glass) berisi shampoo.
10. Bayangkan seekor ayam jantan (a hen) dengan kuku berwarna merah (bright red nails).

Semoga 18 tips diatas yang cukup ampuh untuk meningkatkan IQ anda memberikan manfaat.


referensi
wikipedia.com
akuinginsukses.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel