KIAT-KIAT DAN RAHASIA SUKSES DALAM BERBISNI PENDIRI VIRGIN GROUP RICHARD BRANSON

rahasia-sukses-richard-branson-dalam-berbisnis
Siapa yang tak mengenal Richard Branson? Dia adalah salah satu orang tersukses di Inggris yang berhasil dalam membangun kerajaan bisnis Virgin Grup. Pria yang memiliki yang mendapatkan gelar kehormatan "Sir" dari Kerajaan Inggris memimpin lebih dari 400 perusahaan diseluruh dunia dibawah naungan Virgin Grup. Keberhasilannya dalam membangun delapan grup perusahaan besar dengan industri yang berbeda dan hanya Richard Branson yang berhasil mewujudkannya, membukukan pendapatan lebih dari US$ 1 miliar dalam setahun. Memiliki kekayaan lebih dari US$ 5,1 Miliar yang membuatnya masuk dalam jajaran miliarder terkaya didunia. Richard Branson memiliki beberapa pesan untuk meraih kesuksesan yang dia dapatkan, dia memiliki metoda tersendiri yakni beberapa kiat-kiat dan rahasia sukses dalam berbisnis.

Walaupun Sempat putus dari pendidikan sekolahnya, Branson memiliki bertekad untuk membuktikan bahwa tak memiliki gelar sarjana sekalipun, ia bertekad akan bisa sukses. Hingga kemudian hari Branson berhasil mewujudkan semua impiannya itu, padahal saat itu usianya baru menginjak 20 tahun, dia memulai bisnisnya dengan membuka Virgin Records tempat rekaman kecil pada 1970. Branson berpesan untuk mendapatkan apa yang diimpikan tak semudah yang dibayangkan memerlukan perjuangan dan pengorbanan. Dalam waktu 40 Tahun, Branson telah belajar mengenai seluk beluk bisnis banyak melalui trial and error, bahkan hingga kemudian menemukan cara dalam mengembangkan perusahaan yang inovatif.

Pertama, Branson mengungkapkan bahwa rahasia kesuksesannya adalah selalu mengikuti beberapa aturan sederhana. Baginya, dalam membangun sebuah bisnis merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Sebab, melalui bisnis yang dia rintis, dia bisa bekerja bersama dengan orang-orang yang berbakat lain serta menghasilkan suatu yang bermanfaat dan dapat memberi perbedaan bagi hidup seseorang.

Kedua, Branson mengakui bahwa dalam dunia ini tiada yang sempurna. Dia yakin, bahwa manusia yang tak pandai sekalipun, masih memiliki ruang untuk berkembang. Menurut penilaiannya, dengan merasa sempurna itu hanya akan membuatnya malas bekerja dan berkembang. Pesan diatas hanya sedikit kutipan dari bukunya Like a Virgin: Secrets They Won’t Teach You at Business School, tentunya masih banyak lagi kiat-kiat dan rahasia suksesnya yang tertulis rapi dibuku tersebut.

Beberapa petikan dari buku karyanya yang berjudul Like a Virgin: Secrets They Won't Teach You at Business School pada 2012, Branson membuka rahasianya untuk memulai kesuksesan, apakah sajakah itu? Berikut lima rahasia suksesnya diantaranya adalah:

1. Jika Anda Tidak Menikmatinya, Maka Jangan Lakukan Itu

Branson bercerita ketika bagaimana dirinya memulai bisnis Virgin dari basement yang terletak di London Barat, tak memiliki rencana dan strategi besar. Bahkan dia sama sekali tidak memiliki tujuan untuk membangun kerajaan bisnis.
Hanya dengan harapan bahwa "Saya secara sederhana ingin membuat sesuatu yang orang menikmati menggunakannya, dan melakukannya, dan pada akhir hari berdoa agar dapat membuat bayaran untuk tagihan," ujar Branson, seperti dikutip dari Business Insider, yang ditulis Senin (30/6/2914).

2. Jadi Seorang Inovatif dan Menciptakan Sesuatu Berbeda
Dari semenjak dia memutuskan untuk memberikan nama perusahaan dengan segala risikonya pada 1970, Branson telah mulai dalam menghadapi dunia. dia menuliskan, pada saat mendirikan Virgin Atlantic pada 1984 sebagai sebuah maskapai penerbangan itu benar-benar memiliki layanan dan pelanggan yang besar. Saat ini dia sedang mempersiapkan Virgin Galactic untuk menjadi perusahaan pertama yang menawarkan perjalanan jelajah ke ruang angkasa.

3. Kebanggaan Bekerja

Menurut Bransos "Bagi saya tidak ada yang lebih sedih dari pada mendengar seseorang yang menyesal tentang tempat di mana mereka bekerja,".Dia menuliskan, kalau karyawan merupakan aset berharga, dan akan membuat mereka merasa dihargai. Karyawan bangga tidak hanya bekerja lebih keras, tetapi juga dapat melakukan suatu bisnis.

4. Memimpin dengan Mendengar

Manajer terbaik akan mengetahui kalau mereka tidak akan selamanya untuk selalu menjawab pertanyaan. Dengan pembangunan tim maka dapat menolong pertumbuhan perusahaan.

Ujar Branson "Anda sebaiknya mengetahui apa yang ada di pikiran tetapi jangan sebaiknya dipaksakan pandangan Anda pada orang lain tanpa perdebatan dan tingkat konsensus,".

Dia menambahkan, bahwa pemimpin yang baik adalah yang mendorong karyawannya untuk selalu menyumbangkan ide-ide fantastis dan terbaik dari mereka.

5."Jadilah Terlihat"


Seorang Pendiri perusahaan tidak kan mematikan sendiri dari karyawan mereka, apakah mereka sedang menjalankan startup atau perusahaan bernilai miliaran dolar. Mereka mencari cara untuk menjaga jalur komunikasi tetap terbuka dengan manajer serta karyawan.

Branson selalu menyimpan buku kecil ketika saat dia berinteraksi dengan karyawan Virgin dari berbagai level, dan ketika dia terbang dengan Virgin, dan bertanya pada para penumpang perihal pengalamannya dalam menggunakan maskapai penerbangannya.

Dari kiat-kiat dan rahasia sukses dalam berbisnis dari Richard Branson dapat kita pelajaran, siapapun bisa meraih kesuksesan asal dengan cara-cara yang tepat serta perjuangan yang tak mengenal lelah.

disadur dari berbagai sumber

olpreneur.com
bisnis.liputan6.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel