CARA MUDAH MENGETAHUI BATU AKIK ASLI DAN MEMBEDAKAN BATU AKIK ASLI ATAU PALSU

mengetahui batu akik asli dan membedakan batu akik asli atau palsu
Kepopuleran batuk akik saat ini bak artis yang sedang meroket tingkat popularitasnya booming pada awal tahun 2015, tidak sedikit para penjual batu akik yang meraup keuntungan yang melimpah akibat dari fenomena batu akik tersebut. Hal itulah yang dimanfaatkan pihak-pihak tertentu dengan memanfaatkan moment fenomena booming batu akik, yakni banyaknya batu akik palsu yang betebaran dipasaran.

Sulit untuk dibedakan antara batu akik asli atau batu akik palsu, diperlukan pengetahuan khusus untuk membedakannya. Tetapi ada cara sederhana yang perlu diperhatikan guna membedakan antara batu akik tersebut adalah benar batuk akik asli atau batu akik palsu tetapi dengan sedikit pengetahuan dan kesabaran, pasti bisa membedakannya, dengan cara-cara yang akan dipaparkan selanjutnya.

Untuk memastikan keaslian dan kualitas batu akik tersebut, biasanya para pecinta batu akik selalu membawa senter. itu adalah langkah awal yang paling dasar untuk melihat akan keaslian dan kualitas batu akik tersebut asli atau palsu. Batu akik asli ketika disenter akan tampak adanya serat-serat pada batu. Serat-serat tersebutlah yang menentukan harga serta kualitas batu akik. Sementara itu batu akik palsu atau masakan tidak akan memiliki serat, dan tampak jernih sekali saat disorot dengan senter. Hal itu tentunya hanya bisa dilakukan pada batu-batu yang jernih dan tembus pandang seperti bacan dan pandan. Batu alami pasti memiliki serat-serat natural dan unik, berbeda dengan buatan manusia.

Dengan maraknya batu akik masakan atau batu akik palsu tak jarang menimbulkan masalah yang tidak sedikit. banyak para konsumen yang merasa dirugikan oleh penjual batu akik. hal itu disebabkan karena kurangnya pemahaman serta pengetahuan dari konsumen itu sendiri. Untuk menghindari kesalahaan sebelum membeli batu akik pilihan, ada beberapa point yang patut untuk pelajari terlebih dahulu dengan benar ciri-ciri batu akik asli atau palsu.

1. Periksalah Suhu dari Batu Akik.
Bukan satu-satunya ciri batu akik asli, namun sebagai langkah awal dalam memastikannya adalah dengan cara yang cukup mudah yaitu menempelkannya ke area kulit yang sensitif karena batu akik yang asli lebih cenderung memiliki suhu yang dingin, untuk memastikannya tempelkan batu tersebut pada pipi, leher atau pada kulit yang sensitif lainnya, jika terasa dingin maka kemungkinan itu batu tersebut adalah asli.

2. Pastikan Berat Batu Akik.
Batu akik yang asli memiliki berat yang lebih dibandingkan batu akik palsu yang terbuat dari plastik, kaca atau bahan yang lain. Sebagai pembanding bawalah batu akik asli kemudian bandingkan beratnya dengan batu akik yang akan dibeli untuk memastikan keaslian dilihat dari beratnya.

3. Teliti Serat dari Batu Akik
Teliti atau perhatikan akan serat yang ada pada batu akik. Batu akik yang asli dari alam selalu memiliki serat yang alami, sementara itu batu akik dari bahan sintetis atau dari kaca meskipun sama-sama memiliki serat namun tidak akan sama dengan serat alami. Sementara itu batu akik palsu sering tampak gelembung di dalamnya akibat dari proses pembuatan yang terdapat udara terperangkap di dalamnya. Serta lihat di bawah cahaya apakah ada serat atau tidak, jika teralu bersih, biasanya sudah dapat dipastikan bahwa batu tersebut adalah masakan.

4. Periksa Akan Struktur Batu Akik
Sebagian besar batu akik memiliki struktur yang sangat kuat ketika digoreskan pada kaca maka tidak akan mengalami lecet. Hal itu karena tingkat kekerasan dari batu akik tersebut. Maka kekerasan struktur pada batu akik juga menjadi salah faktor ciri bahwa batu tersebut adalah asli.

Untuk dapat mengetahui ciri-ciri bahwa batu akik tersebut adalah batuan asli atau palsu, selain memperhatikan point-point tersebut diatas, maka ada beberapa tips lainnya dalam memastikan batu akik yang asli dan palsu, yakni dengan melakukan beberapa percobaan kecil pada batu akik tersebut guna mengetahui mengetahui keasliannya.

Adapun Cara Lainnya Mengetahui Batu Akik yang Asli atau palsu maka perhatikan beberapa tips percobaan kecil yang dilakukan antara lain :

1. Panaskan atau bakar Batu Akik
Bakarlah sedikit bagian tertentu dari batu akik tersebut, apabila batu berubah warna ataupun gosong sudah bisa dipastikan bahwa batu tersebut adalah palsu. Sementara itu batu akik asli tidak akan berubah warna sama sekali. Sementara itu Batu akik asli apabila dibakar akan tampak seperti berminyak, namun akan cepat menghilang jika dihapus.Selain itu, batu akik alami apabila dibakar bila panas maka akan cepat dingin kembali. Sementara itu batu akik palsu bila dibakar suhu panas akan berlangsung lebih lama.

2. Benturkanlah Batu Akik
Coba benturkan batu akik batu akik dengan batu akik yang asli. Apabila kedua batu tersebut mengeluarkan percikan cahaya, maka besar kemungkinan batu tersebut adalah batu akik asli. Dalam hal ini disarankan melakukannya pada tempat yang gelap.

3. Gigitlah Batu Akik
Hal ini khusus untuk batu mulia jenis mutiara. Dalam mengetes akan keasliannya maka dengan cara menggigit dengan sekuat tenaga pada batu tersebut. Jika tidak terjadi suatu perubahan, maka batu tersebut bisa dikatakan adalah batu akik yang asli.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan guna membuktikan akan keaslian batu akik tersebut adalah batu akik asli atau batu akik paslu ( masakan ). Namum jika masih ragu maka sebaiknya berkonsultasilah dengan para ahli batu akik yang disebut gemolog, serta pelajari ilmu gemologi yang lebih sepesifik menerangkan tentang jenis batu mulia.



disadur dari berbagai sumber

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel