TIPS CARA MENGURANGI ATAU HILANGKAN MENDENGKUR SAAT TIDUR

tips hilangkan mendengkur saat tidur

Mendengkur ( ngorok ) saat tidur secara definisi adalah sebagai suara pernapasan yang keras dan kasar disebabkan karena bergetarnya anak tekak dibelakang tenggorokan dan langit-langit lunak, yang terdiri dari jaringan launak tepat dibelakang laingit-langit rongga mulut. sesuatu yang sangat tidak diinginkan oleh siapapun, terlebih teman keluarga yang berada disekitar si pendengkur akan merasa sangat terganggu dengan aktivitas tidur mendengkur tersebut, bagi pasangan suami istri suara dengkuran sangat mengganggu kenyamanan dalam beristirahat. Bagi sebagian orang mungkin mendengkur adalah hal lucu tapi bisa juga menjadi hal yang menyebalkan bagi orang lain.Tidak sedikit yang rela untuk merogoh kocok dalam-dalam demi upaya untuk menghilangkannya dari cara tradisional sampai operasi.

Mendengkur saat tidur, meski  yang bersangkutan tidak merasakan aktivitas dengkurannya, tetapi bagi yang tidur berdekatan akan terasa amat mengganggu. Lantas bagaimana cara untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan suara dengkuran yang nyaring tersebut? Dr. Sadoso sumosardjuno, Sp.KO memaparkan beberapa tips yang akan dijabarkan dalam upaya mengurangi dengkuran saat tidur.

Penyebab utama mendengkur pada umumnya adalah letak posisi tidur terlentang sehingga posisi lidah jatuh kebelakang menutup pernapasan. Maka solusi untuk menguranginya dengkuran adalah posisi tidur tidak terlentang serta berikan ganjalan pada bagian badan belakang sehingga posisi tidur hanya miring dan tengkurap.

Mendengkur dapat juga bisa disebabkan oleh bronchitis, masuk angin, influeza, atau sinusitis, berat badan berlebihan karena kebanyakan cairan badan dapat membengkakan hidung bagian dalam. Sementara itu faktor-faktor lain yang mempengaruhi antara lain ; stres tinggi, banyak minum alkohol, banyak makan makanan bergaram sebelum tidur, hal itu dapat cairan mengumpul pada saluran pernapasan di hidung.

Sementara itu sebagian para lansia juga mendengkur akibat dari penyusutan bagian luar hidung yang mengempis karena faktor usia, maka dapat menggunakan alat bantu untuk mengganjal lubang hidung agar tidak tertutup sebelum tidur.

Untuk kasus mendengkur akibat penyumbatan saluran pernapasan maka diperlukan oprasa dalam upaya menghilangkan penyumbatan tersebut guna menghilangkan dengkuran, atau dengan prosedur lainnya. Banyak kasus para dokter gigi berhasil menyembukan mendengkur saat tidur dengan alat dari plastik yang lembek dimasukan dalam mulut saat tidur guna memberikan posisi letak lidah yang baik, bahkan adapula yang hanya melakukan pembedahan dapat menghilangkan mendengkur.

Mendekurpun dapat dikurangi dengan cara-cara sederhana sebagai berikut :
  1. Memelihara berat badan ideal
  2. Tidur miring atau tengkurap
  3. Hindari makan yang tinggi kadar garamnya
  4. Hindari minuman beralkohol sebelum tidur
  5. Berusaha untuk tidak menderita influenza, bronchitis, atau sinusitis. 
  6. Berolahraga teratur untuk menjaga berat badan tetap ideal.
  7. Kurangi hal-hal yang menyebabkan stress.
Dengan beberapa uraian tips diatas bisa membantu untuk mengurangi bahkan menghilangkan suara mendengkur yang sangat mengganggu disaat tidur dapat tercapai serta menjadi solusi yang tepat bagi yang mengalami problem mendengkur saat tidur.

disadur dari berbagai sumber

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel