TIPS DALAM MEMBUAT BISNIS PLAN DAN TIPS-TIPS LAINNYA

tips dalam membuat binis plan

Berikut ini beberapa tips-
tips yang disadur dari majalah eksekutif sebagai bahan menambah pengetahuan serta memberikan pencerahan bagi siapapun yang berkenan membacanya. Adapun tips tersebut diataranya 6 kiat membuat business plan, 5 langkah membangun kembali kepercayaan, 4 cara kesalahan dalam memimpin rapat serta 6 tugas komisari perusahaan. Tips-tips tersebut antara lain :

A. Tips 6 Kiat Membuat Business Plan
Investor sangat tajam dalam mempelajari sebuah rencana bisnis ( business plan ) baik yang berupa investasi maupun ekpansi usaha. Kecurigaan jika BP ( business plan ) yang terlalu ambisius atau optimistik, sementara itu di sisi lain BP ( business plan ) yang terlalu pesimistik juga dinilat tidak layak dan berikut ini pedoman dalam melakukan business plan yang realitis antara lain :
  1. Buat sasaran bisnis yang dapat dijangkau.
  2. Jangan mencantumkan target yang terlalu muluk.
  3. Susun target pasar atau sasaran berdasarkan derajat keuslitan dimulai dari yang termudah.
  4. Usahakan pencapaian satu sasaran membantu pencapaian sasaran berikutnya.
  5. Ciptakan iklim "siap" dalam menghadapi kondisi apapun.
  6. Jika menemuhi hambatan yang serius, ciptakan jalan yang kreatif untuk mengatasinya.
B.  Tips 5 Langkah membangun kembali kepercayaan.
Jika kepercayaan terhadap sesuatu atau seseorang hilang maka dibutukan cara untuk mengembalikan kepercayaan tersebut untuk membangunnya kembali, berikut ini tahapan untuk memenangkan kembali kepercayaan dari pihak lain :
  1. Uraikan langkah-langkah yang akan ditempuh dalam upaya memperbaiki keadaan.
  2. Buatlah kesepakatan ( kesepahaman ) tentang langkah-langkah tersebut.
  3. Jabarkan penjelasan bagaimana penanganannya jika langkah-langkah tersebut terhalangi.
  4. Terbukalah terhadap masukan atau harapan dari pihak yeng telah dirugikan.
  5. Awasi usaha perbaikan keadaan, tujukan apresiasi jika ada kemajuan.
C. 4 Cara salah dalam memimpin rapat. 
Dalam memimpin rapat bukanlah perkara yang mudah bahkan ada yang beranggapan gampang-gampang susah, tetapi terlepas dari pemahaman tersebut maka ada beberapa hal yang patut untuk diperhatikan guna menghindari kesalahan saat memimpin rapat, berikut ini adalah cara memimpin rapat yang tidak efektif bahkan tidak pantas untuk ditiru sementara untuk menjadi pemimpin rapat yang baik adalah kebalikan dari kesalahan-kesalahan tersebut, antara lain :
  1. Menjadi pemimpin rapat yang pasif-pemantau, tidak proakatif-antisipatif.
  2. Membiarkan hujan interupsi merebak, kepada pimpinan ataupun kepada peserta rapat lainnya.
  3. Menghindari arahan/ intruksi spesifik dan hanya mengikuti hal yang umum saja sehingga terjadi kebingungan tanpa hasil maksimal.
  4. Melarang membuat keputusan-keputusan disaat-saat genting.
D. 6 Tugas komisaris perusahaan.
Agar perusahaan sehat serta jauh dari sekandal korupsi, komisaris yang duduk di komite audit memiliki tugas sebagai berikut :
  1. Mengawasi pelaporan keuangan, arus penggunaannya.
  2. Memantau pengendalian internal perusahaan.
  3. Mengawasi manajemen resiko oleh managemen
  4. Mengamati ketaaan para peraturan ( Compliance ).
  5. Menangani pengaduan dari bawahan. melaksanakan tugas-tugas komisaris.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel