SENI MENJUAL EFEKTIF MENCIPTAKAN KEINGINAN MEMBELI

J.S. Knox, salah satu pakar pemasaran mengatakan, "Menjual adalah satu kemampuan atau kecapakan untuk mempengaruhi orang-orang agar mereka mau membeli barang yang kita tawarkan dengan saling menguntungkan, walaupun sebelumnya tidak terpikirkan untuk membeli barang tersebut tetapi akhirnya tertarik untuk membeli" (Prof. Drs. H. Lili M. Sadeli, Mpd. Dan Drs. Maman Ukas )

Artinya, menjual tak lain merupakan seni dalam menciptakan keingian untuk membeli. Terkadang, pembeli membutuhkan sesuatu barang tetapi mereka tidak menyadarinya, maka disinilah tugas penjual untuk menyadarkannya. Diperlukan kepandaian, kreativitas penjual untuk menggelitik benak pembeli yang tadinya tidak terfikir untuk membeli, berubah pikiran kemudian membeli.

Berikut ini ada tips klasik tetapi terbukti ampuh dalam bidang penjualan antara lain :

1. Attention
Lakukan berbagai upaya untuk menarik perhatian konsumen, Tampil beda adalah resep paling mudah dalam menarik perhatian, sebelum memulai menawarkan produk kepada calon pembeli, pikirkan : Berapa pesaing yang telah menawarkan produk yang serupa? Apa yang ditawarkan pesaing? Serta cara mereka dalam menawarkan produknya kepada calon pembeli? Dalam hal ini tidak dapat dilakukan jika produk atau cara pemasarannya seragam dengan para kompetitor. Cobalah dengan cara berbeda dan gaya yang unik.

2. Interest
Setelah mendapat perhatian, gelitik ketertarikan calon pembeli dengan menunjukan produk/ jasa yang ditawarkan memberikan efek positif bagi kehidupannya. Maka tonjolkanlah manfaat dari produk yang dijual.

3. Desire
Dengan tertarik tidaklah cukup untuk membuat calon pelanggan membeli. Bangkitkan hasrat mereka untuk memiliki produk yang ditawarkan atau dijual. Berikanlah jaminan bahwa produk yang akan dibeli tidak mendatangkan penyesalan dikemudian hari. Memberikan tambahan bonus tak terduga juga menimbulkan dampak yang signifikan dalam peran pengambilan keputusan konsumen untuk membeli.

4. Action
Untuk mengakhiri transaksi diperlukan kalimat persuasif untuk menutupnya, kita mengenalnya dengan sebutan"closing". Berikan kemudahan kepada konsumen dalam proses transaksi, tawarkan alternatif-alternatif pembayaran yang menguntungkan bagi mereka.

Referensi
101 Tips Kilat menjual apa saja kepada siapa saja ( Tjahjo harry wilopo )

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel