PRODUK GAGAL DARI APPLE YANG TIDAK PERNAH MENUAI KESUKSESAN

Sudah bukan rahasia lagi siapa yang tak mengenal iphone dan ipad yang merupakan produk sukses dari apple, namun selain dari kedua produk tersebut apple perusahaan yang didirikan oleh Steve jobs, Steve Woznaik dan Ronald Wayne pernah menelurkan produk yang tidak sesuai harapan bahkan cenderung gagal dipasaran, walaupun kita semua tahu akan produk-produk apple yang nyaris tanpa cela, berikut ini paparan beberapa produk gagal dari apple yang tidak sukses dipasaran diantaranya.
"Baca juga Tips-tips dan 10 kiat sukses dari Steve Jobs pendiri Apple"

1. Apple III 1980-1981
Apple-III

Beberdeda dengan generasi sebelumnya yang menuai kesuksesan Apple II, Apple meluncurkan generasi penerus dengan nama Apple III yang tak lagi didesain oleh Steve Wozniak. Dengan Cassing yang besar perangkat tersebut tidak dilengkapi dengan kipas pendingin atas permintaan Steve Jobs dikarenakan kebisingan yang ditimbulkan oleh kipas pendingin tersebut, hal itu berimbas pada motherbord dan chips yang cepat panas. Namun untuk menebus kesalahan tersebut, pada tahun 1984 Apple kembali meluncurkan Apple III plus dan Apple IIc (versi compact Apple II ) namun tak sesuai harapan kembali gagal dipasaran.

2. Apple Lisa 1983-1985
Apple-lisa

Apple Lisa diluncurkan pada dekade 80'an merupakan proyek awal yang dikembangkan Steve Jobs pada tahun 183-1985. Sementara itu penamaan Apple Lisa bertepatan dengan kelahiran putri pertama Steve Jobs yang bernama Lisa Nicole Brennan, namun selain itu juga produk Apple Lisa merupakan akronim dari "Local Integrated Software Architecture".

Dengan mengusung teknologi yang mumpuni pada masa itu bahkan termasuk dalam jajaran produk yang inovatif namun karena harga yang ditawarkan merogoh kocek cukup dalam yakni dengan harga USD 10.000, produk tersebut hanya laku dipasaran cuma 10.000 unit, hal itu terjadi karena tidak semua orang bisa memilikinya. Hingga pada akhirnya pada tahun 1986 Apple menawarkan pada para memilik Apple Lisa untuk melakukan penukaran dengan Macintosh dengan harga USD 1.500.

3. Apple Macintosh Portable 1989-1991
macintosh-portable

Produk yang diperkenalkan pada September 1989, dengan nama Apple Macintosh Portable tetapi pada kenyataannya tidak sesuai dengan penamaannya. Beratnya lebih dari 16 Pound, lebih tepat difungsikan menjadi perangkat stationary. Harga untuk menebus Macintosh USD 6500, tak berbanding lurus dengan harganya produk tersebut lebih sering bermasalah dengan kinerjanya. Bahkan kendala terbesar perangkat tersebut adalah ketika menyalakannya, dikarenakan memiliki output daya yang sangat rendah. Lebih menyedihkan Macintosh Portable menurut PC World edisi 2006 sebagai produk terburuk ke 17 sepanjang masa.

4. PowerBook Duo series 1992-1995
Powerbook-duo-seriees
 Pada era 90'an sudah dimulainya komputer jinjing beberapa produsen berlomba-lomba memperkenalkan kecanggihan produknya, Apple pun tak luput memperkenalkan PowerBook Duo Seriesnya desain yang ringan dan tipis menggunakan OS  Macintosh IIvx tetapi produk tersebut mengalami berbagai macam kendala diantaranya keyboard yang terlalu kecil dan layar pasif matriks yang sulit untuk dilihat, tidak adanya port ethernet dan wifi. Untuk koneksi internet menggunakan model dial up yang mahal sehingga penggunaanya merasa cukup merepotkan dalam pengoprasiannya. Hingga pada akhirnya pada Agustus tahun 1995 Apple menghentikan produksinya.

5. Macintosh TV 1993-1994
macintosh-tv

Macintosh TV merupakan komputer besutan Apple yang menintegrasikan antara televisi dan komputer diluncurkan pada Oktober 1993 dengan bandrol USD 2,097 dengan warna hitam serta dilengkapi dengan custom keyboard mouse dan remote control namun sangat disayangkan prodak tersebut hanya mampu bertahan dengan kurun waktu cuma satu tahun usianya yakni pada Februari 1994 resmi dihentikan produksinya. Sementara penjualannya jauh dari harapan hanya mampu terjual 10.000 unit saja sangat jauh apabila disandingkan dengan produk Apple saat ini yang mendominasi gadget dunia.

6. Apple Newton MessagePad 1993-1998
apple-newton

Dengan tujuan menjadi Pelopor gadget cerdas sebelum era iphone dan ipad kini, pada tahun 1993 Apple telah memperkenalkan Apple Newton MessagePade yang menggunakan OS Newton. Perangkat tersebut sudah menunjang teknologi canggih pada kala itu sehingga mampu ntuk berkirim email dan faximili serta dilengkapi dengan aplikasi kalender dan organizer. Tetapi justru fitur unggulannya adalah handwritting recognition yang menggunakan alat perantara dengan nama stylus. Namun sangat disayangkan banyak tulisan para penggunanya yang gagal dibaca oleh fitur tersebut, selain itu kendala yang dihadapi adalah daya tahan batrainya yang lemah dan tidak mampu bertahan lama mengakibatkan produk MessagePad tidak sukses dipasaran. Hingga pada akhirnya tepatnya tahun 1997 Apple menghentikan produksinya.

7. eWorld 1994-1996
apple-eworld

Seiring kepopuleran AOL kepenjuru dunia, Apple tergerak untuk membuat projek yang dapat menghubungkan seluruh pengguna Mac dalam satu komunitas online pada tanggal 20 juni 1994. Projek tersebut memberikan kemudahan pengguna Mac untuk menggunakan browser khusus serta sistem email yang mengumpulkan berbagai berita dari berbagai sumber, namun produk tersebut hanya bisa bertahan 2 tahun dan hanya memiliki pelanggan 115.000. Sehingga kemudian projek tersebut dihentikan total pada tahun 1996.

8. Apple Pipin 1995-1996

apple-pippin

Tahun 90'an merupakan era kepopuleran game konsol yang didominasi oleh Playstation, Nitendo dan Sega, Apple bekerja sama dengan Bandai tepatnya pada tahun 1995 terjun dalam dunia konsol game dengan membuat produk dengan nama Apple Pipin, seperti halnya produk Apple yang memiliki bandrol cukup mahal yakni USD 600. Dibekali mesin Macintosh Power PC 603 66MHz, menawarkan permainan online. Tetapi Konsol Apple Pipin tak sesuai harapan karena tidak mampu memainkan game-game dengan grafis yang tinggi serta kecepatan yang tidak sesuai yakni hanya dengan kemampuan 14,4 kpps sehingga sensasi bermain game online tidak bisa terwujud sesuai harapan. Sehingga pada tahun 1997 produk tersebut diberhentikan produksinya karena penjualannya hanya 40.000 unit tak sesuai dengan ekspektasi yang diharapkan.

9. 20th Anniversary Mac 1996-1997
20th-Anniversary-Mac

Pada tanggal 1 April 1996 merupakan ulang tahun Apple Inc yang ke 20, Apple meluncurkan produk 20th Anniversary Mac pada tahun 1997, untuk mendapatkan produk tersebut dengan harga yang cukup fantastis yakni USD 8.000. Sedangkan produk tersebut hanya diproduksi 1200 saja, serta dipasaran tidak mendapatkan minat yang signifikan sehingga hanya laku beberapa unit saja, sehingga kemudian dinyatakan sebagai produk Apple yang gagal. Untuk menutup beban produksi produk tersebut hanya dibeli para kolektor Macintosh dengan harga USD 2000.

10. Apple eMate 1997-1998

apple-emate

Apple eMate sejatinya merupakan produk yang cukup baik dan menginspirasi PowerBook Series, namun Apple tidak membuat eMate dengan dijual bebas selain tujuan dari pendidikan dan hanya terbatas penyebarannya dikalangan pengguna Aplle. Fakta menarik sampai hari ini adalah Apple tak pernah merilis angka penjualan dan harga yang ditawarkan dari produk tersebut.

11. The "Hockey Puck" Mouse 1998-2000
The-Hockey-Puck-Mouse

Setelah mengambil kembali kendali Apple pada tahun 1997 Steve Jobs melakukan beberapa kebijakan baru dan kala itu produk Apple sudah mendukung USB maka segeralah diperkenalkan produk barunya dengan sebutan "hockey puck mouse" dengan harapan menjadi mouse keberuntungan setelah menggunakan mouse tersebut tetapi pada kenyataannya semuanya salah dan tak sesuai dengan harapan. Karena ukurannya yang kecil sehingga menyulitkan para penggunanya serta bentuknya yang bulatpun menjadi kendala tersendiri, sehingga kemudian produk tersebut diberhintkan pada tahun 2000, namun akhirnya kembali merilis produk barunya Soapbar-shaped Apple Pro Mouse yang berbentuk kurva memanjang namun masih sederhana dan dapat dipergunakan dengan nyaman oleh para penggunanya.

12. Power Mac g4 Cube 2000-2001 
Power Mac-g4-Cube
Power Mac g4 Cube adalah PC besutan pertama yang dibuat Apple dengan bentuk yang unik berbentuk kubus. Produk tersebut diperkenalkan pada tahun 2000 dengan desain yang unik serta dengan casing yang terbuat dari kaca, produk tersebutpun mendapat ganjaran beberapa penghargaan. Tetapi pada kenyataannya produk tersebut tak seimbang dengan dengan penjualannya. Kendala lainnya adalah casing dari kaca cenderung lebih mudah retak dan pecah, sehingga pada tahun 2001 Apple menghentikan produksinya dan dinyatakan sebagai produk yang gagal.

13. Motorola Rokr 2005-2009
Motorola-ROKR
Pada tahun 2005 Apple bekerjasama dengan Motorola Inc meluncurkan produk ponsel sekaligus pemutar musik yakni Motorola ROKR. Dengan tujuan memberikan sentuhan kemampuan ipod tetapi dengan kemampuan telekomunikasi, beberapa kendala yang menyebabkan produk tersebut tidak laris dipasaran adalah sebagai pemutar musik kapasitas penyimpanannya sangat minim hanya bisa menyimpan 100 lagu dan transfer lagu pun harus melalui iTunes, berbanding terbalik dengan iPod Nano sebagi produk andalan pemutar musiknya. Maka Motorola ROKR pun kembali termasuk dalam jajaran produk gagal Apple.

14.  IPod Hi-Fi 2006-2007
iPod-Hi-Fi

Untuk mendukung pemutar musik Ipod Apple mengeluarkan produk Ipod Hi-fi hasil kerjasama dengan Bose pada 28 februari 2006, speaker aktif dengan suara yang cukup memuaskan bagi para penggunanya. Harganya yang dirasa cukup dalam merogoh kocek yakni USD 350 sehingga penjualannya tidak menuai kesuksesan, dan resmi dihentikan pada 5 september 2007.

15. MobileMe 2008-2011
mobileme
Sebelum kita mengenal kepopuleran icloud, Apple sebelumnya telah meluncurkan aplikasi berbasis web dengan nama MobileMe pada tahun 2008 setelah beberapa kali bertransformasi berganti-ganti nama sejak pertama rilis versi sebelumnya pada 5 Januari tahun 2000 dengan nama iTools, 17 Juli 2002 menjadi Mac, hingga pada akhirnya di stop semua aktivitasnya pada 24 februari 2011.

Tujuan utamanya adalah memberikan akses kemudahan dalam mengakses jarak jauh dan memudahkan dalam pengelolaan email, kontak, kalender, foto dan file. Kisah paling tragis adalah dipecatnya Engineer Project Manager MobileMe Erin Carton oleh Steve Jobs secara langsung pada saat pertemuan tim Apple.

16. ITunes Ping 2010-2012
itunes-ping

Seiring berkembangnya era media sosial yang kian marak dewasa ini Apple pun menelurkan produk Itunes Ping pada tanggal 1 September 2010 dengan tujuan menjaring jutaan pelanggan karena menawarkan fitur yang berbeda dengan jejaring sosial lainnya yakni jejaring sosial berbasis musik yang menghubungkan pengguna itunes di komputer dengan pengguna itunes lainnya. Namun kenyataanya hanya mampu menjaring dua juta pelanggan saja, akhirnya pada 30 September 2012 resmi ditutup, dan memperkenalkan era Apple music.

Dari beberapa produk diatas mungkin para pecinta Apple mania sudah pernah mencoba beberapa produk gagal dari Apple yang tak pernah menuai kesuksesan seperti produk-produk yang kita kenal saat ini. Dengan paparan diatas semoga menjadi referensi informasi yang bermanfaat siapapun yang membacanya disadur dari berbagai sumber.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel