MODEL-MODEL MANAJEMEN DALAM SUATU ORGANISASI

Setelah membedah mengenai difinisi manajemen menurut para ahli, sebagai bahan rujukan informasi mengenai definisi manajemen yang mendasar didalam ilmu manajemen menurut Sampurno Wibowo, SE, M.Si penulis buku pengantar manajemen bisnis menuliskan, "manajemen adalah suatu proses yang terdiri dari rangkaian kegiatan, seperti perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian/pengawasan, yang dilakukan untuk menentukan dan mencapai tujuan secara efesien dan efektif".
model-model-manajemen-dalam-satu-organisasi


Adapun dari sekian banyak ragam dari definisi manajemen beserta fungsi-fungsinya dari sederhana sampai yang kompleks, ada beberapa model-model manajemen dalam satu organisasi adalah:

1. Model Planning, Implementation & Evaluation ( P-I-E).
Model tersebut merupakan model paling sederhana, karena hanya meliputi 3 fungsi yakni fungsi perencanaan, implementasi, dan evaluasi sumberdaya guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

2. Model Planning, Organizing, Actuating & Controling ( P-O-A-C).
Tetapi pada tahun 1914 dari pengertian diatas mengalami transformasi setelah seorang ahli manajemen berkebangsaan Prancis Henri Fayol menyebutkan manajemen melaksanakan 5 fungsi utama yakni, merencanakan (plan) aktivitas yang akan dilakukan, kemudian mengorganisasikan (organize) untuk mencapai rencana tersebut. Kemudian mengarahkan (direct) sumberdaya yang dimiliki guna melaksanakan rencana serta memimpin sumberdayanya (leading). Hingga kemudian mengendalikan (control) sumberdaya agar tetap beroprasi optimal.

3. Model perencanaan, pergerakan dan pelaksanaan, serta pengawasan, pengendalian dan penilaian ( P1-P2-P3)

4. Model  Analisis, Rumusan, Rencana, Implementasi dan Forum komunikasi ( A-R-R-I-F )
Model tersebut dipergunakan oleh organisasi yang bergerak dalam bidang partisipasi kemasyarakatan.

5. Model Analisis, Rumusan, Rencana, Implementasi, Monitoring dan Evaluasi (  A-R-R-I-M-E )
Model ini tidak jauh berbeda dengan model nomor 4, namun perbedaannya hanya terletak pada fungsi monitoring serta evaluasi yang diletakan secara terpisah.

Demikianlah model-model manajemen dalam suatu organisasi semoga memberikan manfaat serta menambah wawasan pengetahuan yang disadur dari buku pengantar manajemen bisnis.

referensi
pengantar manajemen bisnis

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel