DEFINISI DAN PENGERTIAN MANAJEMEN MENURUT BEBERAPA PAKAR MANAJEMEN

Manajemen adalah berarti mengatur, mengurus atau mengelola. Akan tetapi definisi dan pengertian serta teori manajemen itu sendiri cukup beragam berdasarkan para pakar manajemen dalam menyimpulkannya begitupun dengan fungsi-fungsinya dari hal yang sangat sederhana sampai pada yang kompleks. Sementara itu dalam Encylopedia of the Social Science disebutkan bahwa manajemen merupakan suatu proses yakni dimana pelaksanaan suatu tujuan tertentu diselenggarakan serta diawasi.

definisi dan pengertian manajemen menurut pakar manajemen
Lantas untuk apa manajemen itu? Jawabannya adalah ketika seseorang berada dalam ruang lingkup suatu organisasi serta disitu ada kepentingan untuk terlibat dan memperbaiki cara-cara pengelolaan organisasi tempat bekerja atau bekerja sama, dan pentingnya manajemen itu karena suatu pekerjaan berat dan sulit apabila dikerjakan seorang diri, maka diperlukanlah pembagian pekerjaan, tugas serta tanggungjawab dalam menyelesaiannya. Perusahaan akan mendapatkan hasil baik apabila manajemen yang diterapkan dengan baik. Manajemen juga menentukann tujuan dan usaha dalam mewujudkannya dengan memanfaatkan sumber daya manusia didalam proses manajemen tersebut. Manajemen mengantarkan pencapaian tujuan secara teratur serta merupakan suatu pedoman pikiran dan tindakan.

Adapun definisi dan pengertian manajemen menurut pakar-pakar manajemen yang disadur dari berbagai sumber diantaranya :

1. Marry Parker Follett

Management is the art of getting things done through people. Manajemen merupakan seni dalam mencapai tujuan melalui orang lain. Definisi ini mengandung arti bahwa para manajer mencapat tujuan-tujuan organisasi melalui pengaturan orang-orang lain untuk melaksanakan berbagai tugas yang mungkin diperlukan.

2. James A.F. Stoner
Management is process of planning, organizing, leading and controlling the effort of organiztion member an using all other organizational resources to archieve stated organizational goals. Manajemen adalah proses perencanaan, organisasi, kepemimpinan dan pengawasan terhadap usaha-usaha anggota organisasi dan penggunaan sumber-sumber organisasi lainnya untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.

3. Luther Gulick

Manajemen menjadi suatu bidang pengetahuan ( ilmu ) yang secara sistematik berusaha memahami mengapa dan bagaimana orang bekerja sama.

4. Robert L. Kats

Manajemen merupakan suatu profesi yang menuntut pesryaratan tertentu. seorang manajer harus memiliki tiga keahlian atau kemampuan hakiki, yakni komptensi secara konseptual, sosial ( hubungan manusiawi ) dan tehnikal. Kemampuan konsep adalah kemampuan untuk berfikir dan menggagas situasi-situasi abstrak, dalam melihat organisasi sebagai suatu kesamaan dan hubungan diatara sub-sub unit, dan untuk menggambarkannya bagaimana organisasi dapat masuk dalam suatu lingkungan. Kammpuan ini dimiliki oleh manajemen puncak. Kemampuan sosial ( manusiawi ) ialah kemampuan untuk bekerja dengan baik bersama orang lain, baik secara individual maupun dalam suatu kelompok. Kemampuan ini dimiliki oleh manajemen menengah.

5. Drs, Malayu S.P. Hasibuan
Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber – sumber lainnya secara efektif dan efisien dalam mencapai suatu tujuan tertentu.

6. G.R. Terry
Management is a distinct process consisting of planning, organizing, actuating and controlling performed to determine and accomplish stated objectives by the use of human being and other resources. Manajemen adalah suatu proses yang khas yang terdiri dari tindakan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya.

7. Harold Koontz and Cyril O’Donnel
Management is getting things done through people. In bringing about this coordinating of group activity, the manager, as a manager plans, organizes, staffs, direct and control the activities other people. Manajemen adalah usaha mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain. Dengan demikian manajer mengadakan koordinasi atas sejumlah aktivitas orang lain yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, penempatan, pengarahan, dan pengendalian.

Semoga dari paparan diatas perihal definisi dan pengertian manajemen yang diungkapkan oleh para pakar-pakar manajemen yang disadur dari berbagai sumber dapat menjadi bahan referensi dalam pencerahan mengenai arti dari manajemen yang beragam.

referensi
pengantar manajemen bisnis
caragampang.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel