ORANG-ORANG PENGUBAH DUNIA ONLINE PALING TOP DIDUNIA

Adalah sesuatu hal yang menarik jika kita mengetahui siapa-siapa saja yang telah berhasil mengubah dunia online pasca Bill Gate. Dengan demikian Semua aktivitas didunia maya semakin terbantu karena sumbangsih mereka, adanya sarana online ciptaan mereka seperti mesin pencari, browser, Facebook, Twitter, bahasa pemrograman, penyedia afiliasi, situs jejaring dan bookmarking sosial, Youtube, Technorati, dan sebagainya. Tetapi siapa-siapa mereka mungkin ada yang belum tahu, orang-orang terbaik dibalik terciptanya dan kesuksesan sarana online tersebut.

Berikut ini adalah 17 orang yang telah berhasil dibalik kesuksesan dalam berkembangnya dunia maya ( online ). Karena keberhasilan merekalah dunia online menjadi lebih semarak, menarik, lebih menantang, dan tentunya sumber penghasil uang yang besar bagi yang melihat peluang yang bertebaran didunia onlie saat ini, bukan hal yang mustahil akan lahir jutawan-jutawan baru karena kejelian dan kemampuannya dalam mengembangkan tekhnologi. Kerena itulah, mereka layak dan pantas disebut tokoh-tokoh pengubah dunia online paling top pasca Bill Gate.

1. Bob Parsons
Bob Parsons pada mulanya dikenal sebagai pencipta Money Counts yaitu sebuah sofware akunting rumahan yang dirilis tahun 1984. Setelah melebarkan sayap ke sofware religi (Bible-searching, Christia clip art, dll), dia menjual perusahaannya tersebut ke Intuit pada tahun 1994.
Parsons kembali ke bisnis internet pada tahun 1997 dengan mendirikan Go Daddy yaitu registrar domain dan firma hosting web. Sejak itu, Go Daddy merupakan pemain dominan di industri tersebut dan merupakan registrar terbesar di dunia sampai saat ini.




2. Chad Hurley

Chad Hurley adalah desainer grafis yang membuat logo PayPal. Saat bekerja di perusahaan “loket online”  ini, ia berteman dengan Steve Chen dan Jawed Karim. Mereka memutuskan keluar dan membentuk hosting video online yaitu YouTube.
Sebagai CEO YouTube, Hurley sukses mengembangkan perusahaan tersebut hingga akhirnya dibeli oleh Google seharga US $ 1,65 Milyar pada 2006 lalu.




3. David Filo

David Sifry adalah pendiri Technorati. Seperti diketahui, Technorati sebuah mesin pencari yang mengindeks lebih dari 120 juta blog di seluruh dunia, melacak statistik link dan trafik blog-blog tersebut, dan merankingnya.
Seratus blog terbaik hasil perankingan ini dikenal sebagai Technorati Top 100. Masuk dalam 100 besar ini sudah dipastikan blog tersebut sangat pupuler dan autoritas di topiknya.




5. Evan William

Evan William adalah pencipta Blogspot bersama Meg Hourihan. Seperti diketahui, blogspot merupakan salah satu platform blog gratis yang banyak digunakan di dunia bahkan yang tak mengenal bahasa pemograman php, css dll bisa membuat sebuah website berkat blogspot.
Pada tahun 2003, platform ini dibeli oleh Google dan dikembangkan lebih lanjut.





6. Jack Dorsey

Jack Dorsey adalah pencipta Twitter yaitu layanan micro-blogging dan jejaring social gratis yang setiap tweetnya berjumlah 140 karakter. Majalah Business Week menyebutnya sebagai “Best and Brightest in Technology”.
Sementara itu, Technology Review yang dipublikasikan oleh MIT (perguruan tinggi papan atas di Amerika Serikat) menempatkan Dorsey sebagai TR35, yaitu penemu luar biasa yang berusia di bawah 35 tahun.




7. James Gosling

James Gosling adalah pengembang software dan penyandang gelar doktor di bidang Ilmu Komputer. Ia bekerja di Sun Microsystem sebagai wakil direktur.
Di sinilah ia menciptakan bahasa pemrograman Java yang berperan penting dalam perkembangan web site dan blog.







8. Jeff Bezos

Jeff Bezos adalah pendiri Amazon, situs terbesar penjual buku, DVD, CD, video game, mainan anak-anak, music, dan peralatan elektronik. Selain itu, situs ini juga merupakan salah satu lahan afiliasi favorit webmaster di seluruh dunia.
Salah satu kesuksesan lain dari Amazon adalah menciptakan Alexa yang merupakan salah satu ranking trafik yang banyak digunakan di seluruh dunia.




9. Jerry Yang

Ia adalah salah satu pendiri Yahoo!. Selain salah satu orang terkaya dunia, Jerry yang disebut-sebut juga orang yang berperan penting dalam menolak tawaran Microsoft yang hendak membeli Yahoo! Senilai US $ 45 milyar.
Kapeutusannya ini karena ia masih yakin Yahoo! merupakan aset berharganya.






10. Kevin Rose

Kevin Rose adalah pendiri Digg.com yaitu situs bookmarking sosial terpopuler saat ini. Ia mendirikan Digg dengan investasi beberapa ribu dolar saja pada 2004, namun sekarang diperkirakan situs itu berharga milyaran dolar AS.
Atas kesuksesannya itu, wajahnya pernah terpampang di sampul depan majalah Business Week pada April 2006 lalu.






11. Larry Page

Selain pendiri Google, Larry Page adalah pencipta perankingan situs dan blog yaitu Page Rank. Bersama Brin, Larry Page merupakan tokoh sentral di balik kesuksesan Google.
Tak heran mereka menjadi yang pertama sebagai 50 Most Important People on the Web versi PC Magazine.







12. Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg adalah CEO dan pendiri bersama dari situs jejaring sosial paling populer saat ini yaitu Facebook. Dengan kesuksesan Facebook ditambah suntikan dana US $ 246 juta dari Microsoft (1,6 % saham), dia menjadi salah seorang pemuda terkaya dunia.
Selain itu, facebook disebut-sebut sebagai “jembatan pertemuan” bagi orang-orang yang sudah lama tidak berjumpa.





13. Matt Cutts

Matt Cutts adalah engineer sofware yang bekerja di Google sebagai kepala Webspam Team. Dialah orang yang menciptakan Google Webmaster Tools yang membantu para webmaster memahami Page Rank dan memberantas spam.
Selain itu, dia juga sering menginformasikan up date page rank, SEO, dan gadget di blognya yang termasuk dalam salah satu blog bacaan wajib para blogger.





14. Matt Mullenweg

Matt Mullenweg adalah pendiri WordPress, sofware blogging yang paling banyak digunakan di dunia sekarang ini. Selain itu, dia juga mendirikan The Global Multimedia Protocols Group, menciptakan Akismet (sofware penangkap komentar spam), dan Automattic.
Keberhasilannya itu membawanya menjadi PC World’s 50 Most Important People on the Web pada tahun 2007.






15. Meg Whitman

Meg Whitman adalah presiden dan CEO eBay dari Maret 1998 sampai Maret 2008. Di bawah pimpinannya, eBay menjadi terdepan dalam bisnis lelang online. Dia jugalah yang berperan penting dalam mengakuisisi PayPal pada 2003 dan Skype pada 2005.
Pendapatan bersihnya dari ketiga bisnis tersebut diperkirakan mencapai US $ 1 Milyar. Tak heran, perempuan brilian ini beberapa kali menjadi Time’s 100 most important people.




16. Mitchell Baker

Mitchell Baker adalah pendiri Mozilla Foundation dan Mozilla Coroporation yang menciptakan browser Mozilla Firefox. Seperti diketahui, mozilla merupakan salah satu  browser paling banyak digunakan saat ini.
Kesuksesannya ini mengantarkannya menjadi 100 Orang Terpenting versi Majalah Time 2005.





17. Sergey Brin
Pria kelahiran Rusia yang menjadi salah satu pemuda terkaya di dunia adalah pendiri Google bersama teman kuliahnya (Larry Page). Seperti kita ketahui, Google merupakan situs pencari yang paling banyak digunakan sekarang ini.
Selain itu, Google juga tersohor dengan Googgle Adsense yang merupakan salah satu sumber dolar bagi para blogger.

Itulah 17 orang pengubah online top pasca Bill gate. Semoga dengan mengetahui ketujuh belas orang-orang pengubah dunia online itu, Anda akan mendapat inspirasi atau stidaknya menambah wawasan dalam ngeblog ataupun menulis untuk berbagi informasi.


Sumber : www.blogodolar.com/17-orang-pengubah-dunia-online-paling-top/


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel