TEHNIK PERNAFASAN DALAM MEMBACA AL QURAN

Bagi para qori/ qoriah selain berlatih tiap hari dalam melantunkan 7 macam lagu dalam seni membaca al quran juga diperlukan tehnik pernafasan yang tepat dalam membaca al quran, selain itu pula ada faktor-faktor yang patut diperhatikan menurut H. Mukmin Aenul Mubarak, qori' Indonesia juara internasional tahun 2008 di Malaysia dan tahun 2009 di Iran menyebutkan beberapa tips antara lain

Baca juga :
7 macam lagu dalam seni membaca al qur'an
Seni tilawah H. Muammar ZA
1. Berlatih tiap hari
2. Latihan pernafasan untuk membaca al quran
3. Selalu menjaga stamina
4. Tidak tanggung dalam mengeluarkan suara
5. Menjiwai tiap lagu membaca al quran
6. Mengimprovisasi Lagu
7. Pantang berputus asa
8. Niatkan Hanya karena Allah SWT.

Adapun tehnik pernafasan ketika membaca Alquran esensinya adalah dengan nilai estetika tersendiri yakni teknik seni membaca dengan benar dan tepat dari segi mahroj dan tajwidnya yang melibatkan suara dengan peranan nafas secara signifikan, maka dari itu memerlukan teknik khusus supaya suara yang dikeluarkan menghasilkan nada yang indah. 

Sementara itu tehnik-tehnik khusus yakni tehnik bernafas pada saat membaca al quran dengan lagu sehingga menghasilkan suara memenuhi kaidah-kaidah yang dianjurkan dalam melantukan 7 macam lagu membaca al quran dengan tepat, adapun 3 tehnik pernapasan tersebut antara lain :

1. Tehnik Penafasan Dada
Yakni tehnik pernafasan yang melibatkan paru-paru secara penuh, dimulai menarik udara melalui hidung kemudian udara tersebut memenuhi rongga dada atau paru-paru, ketika menarik napas, dada dikembangkan dan ketika menghembuskan nafas  melalui mulut perut dikempiskan. Sementara itu posisi pundak dan dada terangkat ketika melakukan tehnik pernafasan tersebut.

2. Tehnik Pernafasan perut
Caranya dengan menarik nafar melalui hidung secara perlahan kemudian nafas tersebut memenuhi rongga perut hingga menggembung dan posisi pundak dan dada tetap pada posisinya tidak bergerak.

3. Tehnik pernafasan diagragma
Tehnik pernafasan diafragma adalah dengan cara menarik nafas melalui hidung kemudian nafas tersebut diarahkan diantara ulu hati dan perut dan kearah samping dua tulang rusuk kanan kiri, dan dikeluarkan melalui mulut secara perlahan tidak tersendat-sendat.



Dari latihan-latihan tersebut diatas bagi para qori/ qoriah dapat diambil beberapa manfaat diantaranya, 3 latihan pernafasan dapat memperkuat pernafasan dan memperpanjang pernafasan tetapi yang dianjurkan adalah menggunakan tehnik pernafasan diagragma pada saat membaca al quran.

Selain tehnik pernafasan ketika membaca al quran dengan lagu selain menggunakan 7 macam seni lagu dalam membaca al quran serta mengikuti kaidah-kaidah didalamnya yang patut untuk tidak dikesampingkan adalah membaca dengan mahrojul huruf dan kaidah ilmu tajdwid yang tepat itu menjadi point penting. Demikianlah tehnik-tehik latihan pada saat membaca atau melantunkan al quran dengan lagu semoga memberikan manfaat.

disadur dari berbagai sumber

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Judul: TEHNIK PERNAFASAN DALAM MEMBACA AL QURAN; Ditulis oleh Ismail Saja; Rating Blog: 5 dari 5

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel