MENANAM POHON INVESTASI TANPA HENTI SEBAGAI LAHAN SEDEKAH

Menanam pohon sebagai lahan ibadah atau mungkin berpartisipasi dalam program "go green" selain itu juga sebagai tiket investasi masuk surga bukanlah kalimat yang terlalu berlebihan. Bahkan dengan menanam pohon tanpa kita sadari telah mendapatkan tiket masuk surga, karena pohon yang kita tanam akan terus mengalirkan pahala sampai kita meninggal sebagai investasi tanpa henti lahan sedekah kita.

Sebatang pohon yang ditanam serta dirawat akan tumbuh memberikan manfaat yang besar, hal itu terjadi bukan hanya berguna bagi sipenanam itu sendiri tetapi kepada orang-orang yang ada disekitar pohon tersebut sampai kepada mahluk hidup dan organime lainnya ikut dalam merasakan manfaatnya, sungguh luar biasa sekali kayuh dua tiga pulau terlampaui.

Diantara manfaat dari sebatang pohon antara lain
Pohon menghasilkan oksigen, rata-rata sebatang pohon mampung menghasilkan oksigen hingga 1,2 kg perhari. Bahkan sebatang pohon tembesi mampu menghasilkan 78 kg O2 perharinya (28 ton/ tahun ). Sementara itu manusia hidup rata-rata menghirup oksigen 0,5 kg perharinya. Betapa banyak manusia dan hewan yang terbantu dari sebatang pohon tersebut?

Akar pohon menyerap air hujan ke tanah, mencegah air meluap menjadi banjir dimusim penghujan serta mengikat air menjadi cadangan airt tanah yang dapat dipergunakan hingga musim kemarau, tidak bisa dipisahkan akan antara manusia dan kebutuhan akan air untuk mandi, minum dan aktivitas lainnya.

Manfaat pohon juga ada yang menghasilkan buah, daun, batang, kayu, akar, biji yang dapat dimanfaatkan. Pohon juga menjadi tempat tinggal dan mencari makanan bagi berbagai organisme mulai dari burung, kupu-kupu, ulat, lebah, bahkan organisme yang kasat mata. Dari sedikit manfaat itu saja bisa untuk dibayangkan betapa banyaknya manusia yang mendapatkan manfaat perharinya dari pohon yang kita tanam secara tidak langsung kita telah bersedekah.

Seandainya dibuat hitungan kasar, maka dalam sehari pohon tersebut dimanfaatkan oleh 2 orang untuk bernapas menghirup oksigen, 1 orang untuk minum, 1 orang untuk mandi bukanlah kita telah memberikan sedekah kepada 4 orang yang tanpa kita sadari. Sementara itu pohon itu mampu hidup hingga puluhan hingga ratusan tahun, maka semakin banyak pula yang mendapatkan manfaat. Bukankah sebaik-baiknya manusia adalah yang besar manfaatnya bagi orang lain tanpa perlu menbedakan ras, agama dan status-status lainnya.

Sungguh nikmat dimana kita telah meninggal namun pundi-pundi pahala terus dan kian bertambah lantaran manfaat sebuah pohon yang dengan ikhlas kita tanam serta dirawat hingga tumbuh terus memberikan manfaat. Sebuah investasi tanpa henti untuk memperoleh tiket masuk surga dan peran aktif dalam mensukseskan program "Go Green".

disadur dari berbagai sumber

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel