SENI TILAWAH ATAU LAGU DALAM MEMBACA AL-QUR'AN H. MUAMMAR ZA

Sebelum membahas seni tilawah atau lagu dalam membaca al-qur'an dari syeikh H. Muammar ZA, ada sedikit paparan yang menerangkan pentingya dalam menuntut ilmu, dalam hal ini menuntut ilmu tak memandang segi usia karena hukumnya adalah wajib.


Tholabul ‘ilmi faridhotun ‘ala kulli muslimin”. Artinya : menuntut ilmu itu wajib hukumnya bagi setiap muslim.


Menuntut ilmu adalah kewajiban sebagai umat muslim baik laki-laki maupun perempuan. Dalam menuntut ilmu tak perlu mempertimbangkan siapa yang mengajar dan siapa yang belajar karena seseorang mulia disisi Allah karena kadar keilmuannya.


Manusia berilmu laksana cahaya didalam kegelapan. Manusia berilmu bagaikan mutiara yang mahal harganya dimanapun dia berada Allah akan memuliakannya.

Baca juga :
Tehnik pernapasan qori dalam membaca al qur'an
7 macam lagu dalam seni membaca al qur'an

Keutamaan ilmu ada beberapa di antaranya:


1. Allah memudahkan langkah-langkah menuju surga bagi para penuntut ilmu


Dari Abu Hurairah dia berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Dan barang siapa menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan memudahkan jalan ke surga baginya”. (HR. Muslim).


2. Orang yang berilmu lebih ditakuti syetan


Dalam sebuah hadits lain Rasulullah juga mengabarkan bahwa tidurnya orang yang berilmu lebih ditakuti syaitan dari pada bangunnya orang yang tidak berilmu (bodoh).


3. Allah mengangkat derajat orang yang berilmu


“Hai orang-orang beriman, apabila dikatakan kepadamu: ‘Berlapang-lapanglah dalam majlis’, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: ‘Berdirilah kamu’, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS Al Mujadilah : 11)

اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَق َ(1) خَلَقَ الْإِنْسَانَ مِنْ عَلَق ٍ(2) اقْرَأْ وَرَبُّكَ الْأَكْرَمُ(3)الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَمِ (4) عَلَّمَ الْإِنْسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ(5)
 Iqra’ (bacalah) denqan menyebut nama Tuhanmu yang menciptakan. Dia telah Menciptakan manusia dari segumpal darah. Iqra’ (bacalah), dan Tuhanmu lah yang Paling Pemurah, sang Mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam. Dia Mengajarkan kepada manusia apa sang tidak diketahuinya. (Q. Al ‘Alaq: 1-5).

Didalam Al-Qur'an sudah dijelaskan surat Al-'Alaq ayat 1-5 untuk membaca dan bacaan yang lebih utama adalah Al-Qur'an, Allah telah menjanjikan pahala disetiap huruf yang dibacanya serta memberikan syafaat kelak di yaumil akhir, Mahasuci Allah betapa mulianya membaca Al-Qur'an.

Mempelajari Al-Qur'an sangat dianjurkan salah satunya adalah mempelajari seni keindahan membaca Al-qur'an yang disebut Tilawah, adapun seni tilawah dalam membaca Al-Qur'an yang dibawakan oleh Syeikh H. Muammar ZA antara lain :

1. Tilawah maqom bayati
2. Tilawah maqom soba
3. Tilawah maqom hijaz
4. Tilawah maqom nihawan
5. TIlawah maqom rost
6. Tilawah maqom sika
7. Tilawah maqom jiharkah


Tilawah dan tausyih bisa didownload pada link dibawah, Dengan harapan semua file yang di share menjadikan bahan pembelajaran dalam melestarikan seni tilawah membaca al-quran dengan berbagai macam maqom

Semoga menjadi manfaat dan menjadi bekal kelak di akhirat Amin Yaa Robbal 'alamin



Berikut ini kumpulan seni lagu membaca al qur'an dari qori H. Muammar ZA



Tausyih tilawah
Bimb. Tilawatil Qur'an Vol I (1997)
H.Muammar ZA

Bimb. Tilawatil Qur'an Vol I (1997)
H.Muammar ZA

Bimb. Tilawatil Qur'an Vol II (1998)
H.Muammar ZA

Bimb. Tilawatil Qur'an Vol II (1998)
H.Muammar ZA

Bimb. Tilawatil Qur'an Vol III (1999)
H.Muammar ZA

Bimb. Tilawatil Qur'an Vol III (1999)
H.Muammar ZA

Bimb. Tilawatil Qur'an Vol IV (1999)
H.Muammar ZA

Bimb. Tilawatil Qur'an Vol IV (1999)
H.Muammar ZA

Bimb. Tilawatil Qur'an Vol V (2000)
H.Muammar ZA

Bimb. Tilawatil Qur'an Vol V (2000)
H.Muammar ZA

Bimb. Tilawatil Qur'an Vol VI (2000)
H.Muammar ZA

Bimb. Tilawatil Qur'an Vol VI (2000)
H.Muammar ZA

Bimb. Tilawatil Qur'an Vol VII (2000)
H.Muammar ZA

Bimb. Tilawatil Qur'an Vol VII (2000)
H.Muammar ZA

Bimb. Tilawatil Qur'an Vol VIII (2000)
H.Muammar ZA

Bimb. Tilawatil Qur'an Vol VIII (2000)
H.Muammar ZA

Demikianlah kumpual seni lagu dalam membaca al qur'an dalam memperdalam pembelajaran seni keindahan dalam irama qori, di persembahkan semoga memberikan manfaat bagi siapapun pecinta Al Qur'an

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel