DARIMANAKAH ASAL SIMBOL JENIS KELAMIN LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN

darimanakah asal simbol jenis kelamin laki-laki dan perempuan

Simbol jenis kelamin laki-laki dan perempuan bukan hal yang asing yang sering kita temui siapapun mungkin sudah mahfum perihal dua simbol tersebut. Simbol ♂ adalah simbol jenis kelamin pria yakni simbol dengan lingkaran dengan tanda panah arah jam dua, sementara ♀ lingkaran dengan tanda silang dibawahnya adalah simbol jenis kelamin untuk wanita, tetapi tahukah kita darimana simbol-simbol kelamin tersebut berasal?


Adalah Carl Linaeus ( 1707-1778 ) yang pertama kali mempopulerkan melalui bukunya Spesies Plantarium ( 1751 ).  Dia menggunakan kedua simbol tersebut untuk membedakan dua jenis kelamin biologis suatu organisme yakni pada tanaman, dengan simbol ♂ untuk organisme jantan sementara simbol ♀ untuk organisme betina.

Tetapi sejarah simbol tersebut sebenarnya jauh lebih tua, sejarah simbol jenis kelamin untuk pria dan wanita cukup kompleks dan erat kaitannya dengan astrologi, mitologi, faleografi dan alkemi. Manusia jaman dulu berkomunikasi menggunakan gambar atau simbol dengan ditemukannya gambar-gambar kuno dari jaman prasejarah. Simbol ♂ untuk simbol kelamin pria sering dihubungkan dengan maskulinitas misalnya aktivitas berburu dengan membawa tombak, sedangkan simbol ♀digunakan untuk simbol kelamin wanita karena merujuk pada kegemaran kaum hawa yang gemar bercermin.

Sementara itu dalam bidang astrologi simbol ♂menunjuk pada planet mars dan simbol ♀ merujuk pada planet venus. Dalam mitologi Romawi kunu simbol ♂ merupakan lambang dari mars atau ares sang dewa perang, sedangkan simbol ♀ perlambang venus sang dewi aprodhite-dewi cinta dan kecantikan serta simbol kewanitaan.

Di era renaissans, kedua simbol tersebut digunakan bidang alkemi untuk mengenali elemen logam besi dan tembaga. Dari berbagai penggunanaan simbol jenis kelamin pria dan wanita tersebut bertahan sampai sekarang.

dari berbagai sumber

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel