PRINSIP-PRINSIP DAN CARA-CARA ORANG-ORANG SUKSES SEBAGAI WINNER ATAU LOSERS

Kesuksesan adalah impian siapapun untuk meraihnya, hal tersebut dimulai dari membangun mimpi-mimpi sebagai motivasi yang melecut semangat. Jatuh bangun dalam melaluinya bukan sesuatu hal mustahil, tidak sedikit yang berhasil melewatinya bahkan tidak sama sekali. Keseriusan dan perjuangan adalah modal utama dalam menjalani semua tantangan yang merintangi serta menaklukannya menjadi peluang. Demikian pula para orang-orang sukses yang telah berhasil menaklukan problem-problem yang mereka hadapi serta memiliki cara-cara tersendiri bahkan mengacu pada prinsip-prinsip tertentu. Rintangan-rintangan yang telah berhasil dilalui adalah cara tersendiri yang menempa mereka menjadi lebih baik lagi dikemudian hari, serta tak mungkin jatuh ke lobang yang sama dimana mereka pernah menghadapi sebuah kegagalan.


Baca juga
Kata-kata bijak dari negeri tiongkok

Berikut ini Dr. H. A. Rusdiana, Drs., MM menuliskan dalam bukunya "Kewirausahaan Teori dan Praktik" menuliskan kiat-kiat khusus yang menjadi prinsip-prinsip dasar kewirausaan dan tips-tips dari orang-orang sukses sebagai berikut.

  1. Winner continue working while others have stoped; losers stop working before others. Orang-orang yang sukses terus bekerja sebelum orang lain berhenti; orang-orang yang gagal berhenti sebelum orang lain.
  2. Winner regad "man" as highest and greatest value; losers tools to realize their goals. Orang-orang yang sukses menempatkan suber daya manusia sebagai nilai yang tertinggi; orang-orang gagal menganggap manusia hanya sebagai alat.
  3. Winner are far-sighted; losers short sighted. Orang-orang yang sukses berpandangan luas; orang-orang yang gagal berpandangan sempit.
  4. Winner serve problems; losers are dissolved by problem. Orang-orang yang sukses memecahkan masalah; orang-orang yang gagal terbawa oleh masalah.
  5. Winner aticipate the unexpected; losers an never tolerate at unexpected. Orang-orang yang sukses dapat mengatasi hal yang tidak diharapkan; orang-orang yang gagal tidak mampu menggapai serta mengatasi hal yang tidak diharapkan.
  6. Winner live their own life; loser other's life. Orang-orang yang sukses hidup mandiri; orang-orang gagal bergantung pada orang lain.
  7. Winner: "What an I do for them?"; losers : "What an they do for me". Orang-orang sukses berkata, "Apa yang dapat saya berikan untuk mereka?"; orang-orang gagal berkata "Apa yang dapat mereka berikan untuk saya".
  8. Winner are self-confident an never jealous of others; losers have inferiority complex and are always jealous of others. Orang-orang yang sukses selalu percaya diri dan tidak pernah iri pada orang lain.
  9. Winner are self-disciplined; losers self-indulgent. Orang-orang yang sukses berdisiplin diri dan orang-orang gagal menurut pada kehendak hati.
  10. Winner think "green"; losers thing "red". Orang-orang sukses berfikir jernih sedangkan orang yang gagal berfikiran ragu-ragu.
  11. Winner are positive; losers niegative. Orang-orang yang sukses berfikiran positif sedangkan orang-orang gagal berfikiran negatif.
  12. Winner have time to think; losers are lazy to think. Orang-orang yang sukses giat berfikir; sedangkan orang-orang yang gagal malas berfikir.
  13. Winner perservee desprite defeat; losers entertain defeat. Orang-orang yang sukses tekun berusaha meskipun gagal tetapi orang-orang yang gagal selalu mengingat akan kegagalannya.
  14. Winner make think happen; losers merely wait for happen. Orang-orang sukses menciptakan kesempatan; orang-orang yang gagal semata-mata menunggu kesempatan.
  15. Winner think and act; losers act an think. Orang-orang yang sukses berfikir terlebih dahulu selanjutnya baru bertindak; tetapi orang-orang yang gagal bertindak dahulu baru berfikir.
  16. Winner belive in themselves; losers put their trust in fate. Orang-orang yang sukses penuh percaya diri; tetapi orang-orang yang gagal mudah percaya pada nasib.
  17. Winner see light in darkness; losers see only darkness. Orang-orang sukses mampu melihat cahaya pada kegelapan; Orang-orang yang gagal hanya melihat kegelapan.
  18. Winner are never embarrassed to seek others help; losers second thougt seeking help. Orang-orang yang sukses tidak malu untuk meminta pertolongan orang lain; tetapi orang-orang yang gagal malu meminta pertolongan.
  19. Winner are achieves; losers sustainers. Orang-orang yang sukses selalu berprestasi; tetapi orang-orang yang gagal bertopang dagu.
  20. Winner hardly complain; losers always point their finger at others for their failure. Orang-orang yang sukses tidak pernah mengeluh; sedangkan orang-orang gagal menganggap orang lain sebagai penyebab kegagalannya.
  21. Winner work smartly hard; losers work blindly hard. Orang-orang yang sukses cermat dalam bekerja; tetapi orang-orang gagal ceroboh.
  22. Winner are problem as a challenge; losers as burden. Orang-orang sukses menghadapi masalah sebagai tantangan; orang-orang yang gagal menghadapi masalah sebagai beban.
  23. Winner transcend environment; losers are being controled by environment. Orang-orang yang sukses mengendalikan lingkungannya; orang-orang yang gagal dibatasi oleh lingkungannya.
  24. Winner are self-acceptant an never make any comparison wiht others; losers always compare themselves with others. Orang-orang yang sukses tahu diri dan tidak selalu sama dengan orang lain; orang-orang gagal selalu membandingkan diri dengan orang lain.
  25. Winner have high regard for them-selves; losers look down up them-selves. Orang-orang yang sukses selalu bisa menempatkan diri; orang-orang gagal selalu membandingkan dirinya dengan orang lain.
  26. Winner never quit; losers quit too soon an too readily. Orang-orang yang sukses selalu bertahan; sedangkan orang-orang gagal terlalu mudah untuk berhenti lebih awal.
  27. Winner belive the can change, progress and improve; losers think otherwise. Orang-orang sukses percaya, dia dapat mengubah dan memperbaiki sesuatu; orang-orang yang gagal berfikir sebaliknya.
  28. Winner; "I can"; losers: "I can't". Orang-orang sukses berkata, "Saya bisa"; orang-orang gagal berkata, "Saya tidak bisa".
  29. Winner consider problems as a stepping stone; losers as a stumbling block. Orang-orang yang sukses menanggapi setiap tantangan sebagai loncatan kemajuan; orang-orang gagal menanggapinya sebagai rintangan.
  30. Winner are non-conformists; losers confromist. Orang-orang yang sukses berpendirian teguh, orang-orang yang gagal mudah goyah.
Demikianlah prinsip-prinsip pembangun semangat siapapun yang menginginkan sebuah perubahan pada dirinya, menjadi seorang winner atau losser ( pemenang ataupun pecundang ) semua kembali kepada pribadi-pribadi yang menjalaninya, begitupun dengan tekad-tekad yang bersiap untuk menaklukan probelma hidup yang penuh tantangan dengan cara-cara serta prinsip-prinsip hidup yang berbeda.

Daftar pustaka "Kewirausahan teori dan praktik" Dr. H. A. Rusdiana, Drs., MM

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel